Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Panduan Pembeli

JAKARTA - Saat ini mobil bekas taksi menjadi salah satu pilihan menarik bagi masyarakat. Untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas taksi, perhatikanlah hal-hal ini.

National Technical Support Auto2000 Agus Mustofa memaparkan kalau harga jual mobil bekas taksi sebenarnya termasuk tinggi dan tidak masuk akal. 

"Sudah bekerja keras selama 5 tahun tapi harganya cukup rapat (dengan mobil bekas pribadi)," katanya di acara "Bloggers & Media Gathering Mobil123, Tips Mencari Mobil Idaman Indonesia".

Dia lalu mencontohkan, Toyota Alphard bekas taksi tahun 2010 ke bawah harga jualnya masih di atas Rp 300 jutaan. 

Namun bila Anda tetap ingin membeli mobil bekas taksi, Agus memberi beberapa tips. "Pertama minta service history," ujar pria yang sudah berkarir selama 26 tahun itu.

Dari sejarah perawatan tersebut maka kita mengetahui apa saja masalah yang pernah dihadapi dan bagaimana penanggulangannya. "Biasanya kan konsumen memilih mobil yang masih pakai komponen orisinal dari ketika baru, untuk mobil bekas taksi hindari hal itu."

"Pilih taksi yang onderdilnya sudah banyak diganti. Toh itu juga pakai onderdil orisinal juga. Itu yang kita sarankan. Kenapa begitu? Karena ketika membeli mobil bekas kan kita tidak mau terlalu banyak mengganti komponen, bisa tekor nanti. Karena itu pilih mobil yang onderdilnya sudah banyak diganti oleh perusahaan taksi itu," lugasnya.

"Lumayan kan bila shock sudah diganti, kopling sudah diganti, bearing roda sudah diganti. Kan lumayan tuh," tambahnya.

Dan yang paling vital, lanjut Agus, cari tahu apakah mobil incaran kita itu pernah tabrakan atau tidak. "Itu sangat penting," cetusnya.

Mengenai ciri-ciri mobil bekas taksi, Agus menjelaskan kalau tahun pertama pembelian si pembeli masih akan pakai nama perusahaan mobil di STNK. Baru di tahun kedua bisa balik nama sesuai nama pemilik.

"Tapi untuk mengetahui mobil itu bekas taksi atau bukan, meski nama di STNK sudah nama pribadi, adalah dari kode di nomor polisi. Di kepolisian kode di belakang nomor untuk taksi itu khusus. Bisa OB, GO atau lainnya," jelas Agus. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait

mobil bekas taksi Tips Membeli Mobil tips

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »