Sudah Berumur Enam Tahun, Harga Xpander Bekas 2017 Kini di Bawah Rp200 Juta

Mobil Bekas

Mitsubishi Xpander telah hadir sejak tahun 2017. Mobil ini menjadi salah satu low MPV pendatang baru yang kiprahnya cukup sukses. Setelah berusia sekitar enam tahun, depresiasi harga Xpander bekas lumayan besar.

Saat itu, Mitsubishi melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia memperkenalkan Xpander dalam enam tipe yaitu GLX M/T, GLS M/T, Exceed M/T, Exceed A/T, Sport A/T, dan Ultimate A/T. Semuanya menggunakan mesin 1.500 cc MIVEC DOHC, dengan pilihan transmisi lima percepatan manual dan empat otomatis.

Xpander langsung diterima masyarakat karena memiliki tampilan yang sangat sporty dan kekinian. MPV jagoan Mitsubishi ini memiliki fitur yang tergolong lengkap di kelasnya, hingga kapabilitas sebagai mobil keluarga yang sanggup menampung 7-penumpang. Ditambah lagi, mesinnya juga terkenal bandel. 

Bagian depan dari Mitsubishi Xpander terlihat gahar dengan banyak lekukan dan ornamen Dynamic Shield. Mitsubishi Xpander bekas bahkan menjadi mobil yang mempopulerkan desain lampu yang terpisah, di bagian bumper. 

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Makin Terjangkau

Generasi pertama dari Mitsubishi Xpander bekas ini banyak diburu karena daya tarik harganya. Seiring bertambahnya umur kendaraan, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang tampil fenomenal pada 2017 ini harga bekasnya mulai terjangkau.

Bagi kalian yang mencari Mitsubishi Xpander bekas yang harganya cukup terjangkau atau murah meriah, bisa memilih varian generasi pertama yang meluncur di tahun 2017.

Sebagai gambaran, berikut harga baru Mitsubishi Xpander di Jakarta saat peluncuran di hari 2017:

  • Xpander Ultimate A/T Rp 245.350.000
  • Xpander Sport A/T Rp 237.150.000
  • Xpander Exceed A/T Rp 224.950.000
  • Xpander Exceed M/T Rp 214.550.000
  • Xpander GLS M/T Rp 208.550.000
  • Xpander GLX M/T Rp 189.050.000

Pasaran Harga Bekas Mitsubishi Xpander 2017 di Mobil123 

Berdasarkan pemantauan kami di website Mobil123, harga Mitsubishi Xpander bekas kini di bawah Rp200 juta. Harga paling murah yaitu terdapat pada tipe GLS MT. Berikut ini kisaran harga Mitsubishi Xpander bekas yang telah kami rangkum. 

  • Xpander GLS MT mulai dari Rp173 Juta
  • Xpander Exceed MT mulai dari Rp180 Juta 
  • Xpander Ultimate AT mulai dari Rp185 juta
  • Xpander Sport AT mulai dari Rp193 juta

Kelebihan Mitsubishi Xpander Bekas 2017

Melihat harga bekasnya yang cukup bersahabat, kalian tentu penasaran seperti apa keunggulan dari Mitsubishi Xpander. MPV ini sukses jadi primadona di awal kemunculannya karena membawa konsep yang berbeda dari MPV kebanyakan. 

Mitsubishi Xpander merupakan hasil pengembangan prototipe XM Concept. Nuansa maskulin dan kokoh jadi identitas Mitsubishi Xpander yang memberikan aksen tangguh dan gagah seperti SUV. Memang, pihak Mitsubishi terlihat ingin menggabungkan esensi MPV dan pesona maskulin Sport Utility Vehicle (SUV). 

Xpander hadir sebagai MPV dengan kabin lega dan postur tinggi dibandingkan kompetitor, sehingga sesuai dengan medan jalan di Indonesia. Ini karena ground clearance setinggi 205 mm pada tipe Ultimate. 

Interior Bergaya Elegan

Pada tipe Ultimate mendapatkan audio touchscreen, lengkap dengan tampilan untuk kamera mundur. Setirnya telah dilengkapi dengan kendali audio. Memberikan rasa aman di jalan sehingga pengemudi tak perlu lagi memindahkan tangan dari kemudi ketika ingin mengakses audio. 

Xpander pre facelift memiliki layar MID berukuran besar di panel indikator yang jadi sumber informasi dan pengaturan aneka sistem di kendaraan. Kita bisa memantau level bahan bakar, suhu mesin, tingkat efisiensi, hingga panduan kehematan berkendara yang tersaji apik. Pengingat waktu servis, hingga durasi berkendara untuk menghindari kelelahan juga tampil pada layar.

Tingkat kenyamanan Xpander disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Pihak Mitsubishi menyebut bila rancangan suspensi Xpander merupakan hasil adaptasi sistem suspensi dari Mitsubishi Lancer Evo X. 

Geometri dan konstruksi suspensi tadi sukses menyajikan karakter MPV yang nyaman namun minim limbung.  konon memang diadopsi dari sedan sport itu. Ketiadaan kopel yang menyalurkan tenaga ke roda belakang, membuat suasana kabin kian hening dan nyaman. 

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2017

Mitsubishi Xpander 2017 punya mesin 4A91 1.500cc 4 silinder MIVEC DOHC. Tenaga yang dihasilkan mesin MPV ini mencapai 104 hp dan torsi maksimal 141 Nm.

Transmisi yang tersedia pada Mitsubishi Xpander pre facelift 2017 antara lain transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Fitur Keselamatan yang Cukup Lengkap 

Xpander memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap di kelasnya. Pertama, struktur tubuh monocoque Xpander direkayasa berdasarkan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang mengawinkan penyerapan energi tumbukan efisien dengan integritas kabin tinggi. Sebagai fitur keselamatan pasif lainnya adalah 2 airbag di depan dan 3-point seatbelt untuk tujuh penumpang.

Berlanjut ke fitur keselamatan aktif, Mitsubishi melengkapi Xpander dengan ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist), ASC (Active Stability Control), HSA (Hill Start Assist), dan ESS (Emergency Stop Signal system).

Kelemahan Xpander Bekas yang Harus Diwaspadai

Sebagai sebuah mobil bekas, kita perlu tahu masalah yang kerap terjadi sebelum membelinya. Setidaknya ada dua masalah yang sering terjadi pada Xpander keluaran awal yang perlu kalian wasapadai.

Penyakit pertama yang dulu sering muncul ialah shockbreaker belakang Mitsubishi Xpander sering mengalami kebocoran. Walau sudah diklaim ke bengkel resmi dan ganti yang baru tapi masih bocor lagi. 

Solusi dari kalangan komunitas Xpander menyarankan bagi para pemilik untuk ganti shockbreaker dengan merek aftermarket. Disinyalir, kualitas shockbreaker bawaan untuk Xpander keluaran awal ini kurang baik sehingga gampang bocor. 

Masalah lain yang sempat ramai pada Xpander yaitu error pada saat rpm idle atau langsam. Putaran mesin saat idle naik turun, padahal semestinya konstan. 

Jika menemukan masalah tersebut di Xpander bekas yang baru dibeli, kalian tidak usah khawatir. Sebab masalah tersebut mudah diatasi oleh bengkel resmi maupun spesialis Mitsubishi. 

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan melakukan re-program dari softwate ECU Xpander. Pihak bengkel akan melakukan update software dan setelahnya putaran mesin kembali normal. Jadi, masalah idle tadi bukan disebabkan oleh kerusakan komponen. 

Kelemahan lain yang umum terjadi pada Xpander keluaran awal ialah komponen pada penggerak roda depan seperti CV joint drive shaft yang rusak karena usia dan pemakaian. Hal ini lumrah terjadi pada mobil FWD yang semuanya bertumpu di roda depan. 

Di samping itu, penggerak roda depan juga kurang hebat dalam membawa beban berat. Situasi ini kerap terjadi saat kondisi mobil menanjak dan kabin mobil diisi penuh penumpang.

Kesimpulan

Dengan usia yang mulai agak lawas, Mitsubishi Xpander 2017 masih begitu layak dipilih sebagai mobil harian. Mobil ini cukup nyaman dari segi suspensi, dan kabin yang luas untuk dijadikan mobil keluarga.

Fiturnya pun masih belum terbilang kuno, karena sebagian teknologinya masih digunakan pada Xpander facelift. Jadi, Xpander kami rasa layak sebagai opsi MPV bekas yang memenuhi banyak aspek dasar dari sebuah mobil keluarga.  

Tag Terkait

Mitsubishi Xpander Xpander Bekas Harga Mitsubishi Xpande

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »