Mulai Pertengahan 2024, Tiga Negara Ini Jual Chery Omoda E5 Rakitan Indonesia

Mobil Listrik

BEIJING – Chery Omoda E5 rakitan Indonesia bersiap diekspor pada 2024. Mobil listrik ini akan dikapalkan menuju tiga negara terlebih dahulu.

Head of Brand Department PT Chery Motor Indonesia Rifkie Setiawan mengungkapkan bahwa Omoda E5 produksi Pondok Ungu, Bekasi rencananya menjadi model perdana yang diekspor dari Tanah Air. Akan tetapi, aktivitas itu baru dilakukan mulai pertengahan 2024.

“D sana, di beberapa negara yang kami mau ekspor, kan, (Omoda E5) belum diluncurkan. Peluncurannya di negara-negara itu rata-rata dilakukan di semester kedua (2024),” bongkar Rifkie di sela-sela liputan Chery di China pada 24 April-2 Mei 2024 kemarin yang turut dihadiri Mobil123.com.

Sekadar mengingatkan, Omoda E5 adalah versi mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) dari Omoda 5. Indonesia mendapatkan kehormatan dari Chery untuk menjadi lokasi world premiere (debut global) Omoda E5 pada Februari 2024.

Omoda E5, lanjut Rifkie, ingin diekspor ke tiga negara pada 2024. Seluruhnya masih negara ‘tetangga’ Indonesia yang berada di region Asia Tenggara (South East Asia/ASEAN).

“Kita targetkan di Filipina, terus ke Vietnam, sama Thailand,” beber dia mengenai daftar tujuan ekspor mobil listrik berjarak tempuh 430 km (metode WLTP) atau 505 km (metode NEDC) ini.

Rifkie mengaku belum bisa menginformasikan mengenai volume ekspor Omoda E5 rakitan Indonesia pada tahun ini. Menurut dia, Chery masih berkoordinasi dengan negara-negara tujuan ekspor terkait jumlah unit.

“Target ekspornya belum. Kami belum buat (target) karena kami masih menunggu dari masing-masing negara. Mereka masih persiapan. Persiapan peluncurannya seperti apa, berapa pasar yang mau diserap, berapa yang mereka mau order ke kami,” paparnya.

Omoda E5, mobil listrik pertama Chery di Indonesia, terbilang sukses pada fase-fase awal pemasaran dan penjualannya. SPK-nya diklaim mencapai lebih dari 3.000 unit hanya dalam waktu beberapa bulan, dengan distribusi ke konsumen (penjualan retail) yang digadang-gadang mencapai kisaran 2.000 unit sejak penyerahan unit perdana pada 1 Maret 2024.

Chery sendiri sedang menggelar promo khusus bagi Omoda E5. Sebanyak 4.000 konsumen pertama akan mendapatkan harga spesial Rp488,8 juta—harga normal Rp498,8 juta—on the road (OTR) Jakarta, garansi baterai seumur hidup, serta asuransi gratis selama satu tahun. [Xan]

Tag Terkait

Chery Chery Indonesia Chery Omoda E5 Omoda E5 Mobil Listrik mobil listrik Chery

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »