Mitsubishi Fuso Incar Pangsa Pasar 45 Persen di Indonesia pada 2023

Berita Otomotif

JAKARTA – Mitsubishi Fuso menargetkan peningkatan pangsa pasar di Indonesia pada 2023, baik secara umum maupun di tiap segmen yang diikuti.

Tahun lalu, Mitsubishi Fuso masih menjadi pemimpin pasar kendaraan niaga, khususnya untuk truk dan bus, dengan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) 38.397 unit dan pangsa pasar 41,1 persen.

“Kami optimistis dapat meraih pangsa pasar 45 persen tahun ini (2023),” kata President Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Nobukazu Tanaka dalam Media Gathering Mitsubishi Fuso, Senin (6/3/2023) kemarin.

67772-mitsubishi-fuso-canter-fe71l-di-giias-2022-3.jpg

Pasar truk dan bus sendiri, menurut Sales and Marketing Director KTB Duljatmono, diperkirakan tumbuh sekitar 10,3 persen, dari 93.381 unit menjadi 103 ribu unit.

Jika begitu, proyeksi penjualan Mitsubishi Fuso adalah sekitar 46.350 unit.

“Di segmen light duty truck (LDT/truk ringan), kami ingin pangsa pasar 56,6 persen, meningkat 3,2 persen dibanding tahun lalu. Kemudian, di medium duty truck (MDT/truk medium) yang diisi Fighter kami menargetkan pangsa pasar 22,5 persen atau meningkat 7,7 persen,” papar Momon, sapaan dia.

Total pasar truk ringan 2023 diperkirakan kisaran 72 ribu unit. Pasar truk medium, di sisi lain, 24.700 unit.

Target pada 2023 dipatok dengan mempertimbangkan beragam aspek. Pertama adalah proyeksi pertumbuhan ekonomi dari pemerintah di level 4,8-5,3 persen.

Sektor komoditas juga masih kuat dan positif sejak tahun lalu sampai sekarang, yang mendorong permintaan truk. Demikian pula sektor pertambangan, perkebunan, maupun logistik.

Lalu, pasokan komponen serta suku cadang yang tahun lalu menghambat produksi lokal Mitsubishi Fuso di Tanah Air juga sudah teratasi.

“Seiring permintaan yang tinggi, kendala kami ada di suplai karena terdapat isu rantai suplai global. Suplainya tidak memenuhi permintaan konsumen kami. Kami mohon maaf karena ini kondisi global. Kami, pada 2022, cukup berjuang untuk ke sana. Alhamudlilah, pada 2023, insya Allah sudah bisa pulih,” tandas Momon merespons pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya jawab.

Beragam strategi sudah Mitsubishi Fuso racik untuk mendorong pencapaian target 2023. Pertama adalah rencana meluncurkan Mitsubishi Fighter Mining Equipment Euro 4 Version 2 plus Mitsubishi Fighter Long Trip Variants.

Pada aspek purnajual, Mitsubishi Fuso akan memberikan layanan fleksibel yang disesuaikan kebutuhan konsumen, meningkatkan fasilitas layanan purnajual, plus memperkuat suplai dan stok suku cadang.

Di sektor digitalisasi, Mitsubishi Fuso pun telah merilis sistem telematik Runner 3.0 pada Februari 2023 dan meluncurkan MyFuso Apss dalam Media Gathering kemarin. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita Mitsubishi Canter penjualan Mitsubishi Fuso 2023 Mitsubishi Fuso target Mitsubishi Fuso 2023 Mitsubishi Fighter news Fuso

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »