Mazda Patenkan Desain Sayap Belakang Unik

Berita Otomotif

CALIFORNIA - Takut dijiplak seenaknya, Mazda patenkan rear wing atau sayap belakang dengan desain menarik hasil ide cerdas para engineer mereka.

Meski baru dalam bentuk sketsa, namun ide cerdas para engineer Mazda ini memang luar biasa. Dan akan sangat berpengaruh dengan desain kendaraan secara keseluruhan termasuk soal akomodasi khususnya ruang penyimpanan atau bagasi belakang.

Secara jitu para engineer menempatkan sayap belakang terselip apik tepat di antara lampu belakang saat terlipat atau tidak bekerja. Sementara sayap tersebut kemudian akan menyembul saat dibutuhkan.


Dari mekanisme ini tentunya Anda bisa membayangkan keuntungan apa saja yang di dapat. Pertama tentunya fungsi dari sayap belakang itu sendiri sebagai penyeimbang gerak mobil ketika akselerasi atau manuver. Pada saat bekerja, turbulensi di belakang otomatis berkurang sekaligus menyempurnkan downforce mobil.

Keuntungan selanjutnya tentunya dari sisi ruang pada mobil. Seperti kita ketahui, sportscar biasanya memiliki dimensi yang sangat kompak sehingga minim ruang penyimpanan. Sayap belakang biasanya bersemayam di bagasi yang tentunya akan menyita kapasitas bagasi. Dengan desain ini tentu dapat mengatasi masalah.

Mazda sendiri membuat paten dari ide terbarunya ini ke US Patent & Trademark Office, badan paten Amerika Serikat yang bermarkas di Virginia. Meski sudah didaftarkan tetapi belum ada keterangan resmi dari Mazda kapan dan pada model yang mana desain rear wing ini akan diaplikasikan.

Sementara mencermati sketsa, sayap belakang tersebut terpasang disebuah sportcar dengan lampu belakang yang terinspirasi oleh RX-Vision Concept. Nantikan berita selanjutnya. [Ari]

Tag Terkait

Mazda-NCSR Mazda Rear Wing Mazda Mazda North America Mazda Patenkan Rear Wing Unik

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »