Mantan Karyawan Gugat Presdir Toyota Indonesia

Berita Otomotif

JAKARTA - Achmad Rizal, mantan karyawan PT Toyota Astra Motor (TAM) menggugat Hiroyuki Fukui yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT TAM.

Kuasa Hukum Rizal melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara setelah kliennya merasa dirugikan atas proses mutasi yang dilakukan secara sewenang-wenang oleh Hiroyuki Fukui.

Awalnya, Achmad Rizal yang sempat menjabat sebagai Division Head of Product Planning and Development Division dikabarkan atasannya untuk mundur dari TAM pada Februari 2016. Dan empat bulan kemudian Ia harus hengkang dari TAM.

Selanjutnya per 1 Agustus, Rizal dimutasi ke perusahaan milik Astra PT Energia Prima Nusantara, di mana bergerak dalam bidang pembangkit listrik swasta. Rizal sendiri berkerja di anak perusahaan PT EPM yaitu PT Tama Persada Nusantara yang berkantor di Pulo Gadung.

Pemutusan hubungan kerja ini dianggap oleh Rizal secara sepihak dan tidak manusiawi, mengingat bahwa Ia telah mengabdikan hidupnya terhadap bidang otomotif selama hampir 20 tahun di PT Toyota Astra Motor, atau sejak 1997.

Selama bertugas di TAM, Rizal sukses mengangkat citra perusahaan melalui produk-produk mulai Avanza, Kijang Innova, Sienta, Rush TRD Sportivo  Ultimo, Yaris Heykers  dan lain sebagainya.

Di samping itu, kontribusinya juga bisa dilihat lewat berdiri Lexus Indonesia, pendirian dan pengelolaan Toyota Team Indonesia dan lain-lain. Semua yang Ia lakukan untuk kepentingan dan kemajuan PT TAM.

Dalam keterangan resmi diterima Mobil123.com, ada tiga pihak yang tergugat dalam kasus ini yaitu Hiroyuki Fukui, PT TAM dan Menteri Tenaga Kerja karena tidak ada peraturan yang mengatur perlindungan terhadap para pekerja yang diakibatkan proses mutasi.

Kuasa Hukum Rizal menuntut adanya ganti rugi materil dan immaterial kepada Fukui dan PT TAM. [Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait

pengadilan PT TAM Hiroyuki Fukui Achmad Rizal karyawan gugat presdir toyota indonesia mobil toyota PT Toyota Astra Motor Toyota Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »