Ini Cara Memperpanjang Usia Wiper

Panduan Pembeli

BOGOR – Meski menjadi komponen yang jarang digunakan, namun ternyata wiper tetap memiliki usia terbatas. Jika sudah mengalami kerusakan, maka sebaiknya wiper langsung diganti.

Lantas bagaimana cara untuk menentukan kapan waktu yang tepat dalam mengganti wiper mobil?

“Coba periksa karet wiper terlebih dahulu. Apabila bentuknya sudah tidak lagi lurus dan karet sudah mulai keriting atau getas, maka sebaiknya karet wiper langsung diganti. Ini untuk menghindari sapuan air yang tidak maksimal ketika sedang turun hujan,” kata Federico Bianco, Country Head of Bosch Automotive Aftermarket Indonesia.

Ia pun menyarankan agar wiper diganti setiap 6 bulan sekali. Karena saat kemarau yang suhunya panas, kualitas wiper menjadi berkurang. Jadi sebaiknya wiper langsung diganti setiap 6 bulan sekali.

Sementara untuk perawatan dari wiper sendiri, Ia menyarankan untuk mengangkat wiper dari kaca saat mobil parkir di lapangan terbuka, sebab bila wiper yang terkena panas itu mengalami pemuaian. Sementara kaca mobil juga panas sehingga wiper mendapatkan panas dari dua arah (matahari dan kaca). Maka sebaiknya wiper diangkat dari kaca.

Dengan mengangkat wiper dari kaca maka diharapkan usia wiper dapat lebih panjang. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait

Wiper Bosch merawat wiper

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »