Hyundai Bersiap Gelar World Premiere Mobil Baru dalam GIIAS 2024

Berita Otomotif

JAKARTA – Hyundai berencana menggelar peluncuran perdana global (world premiere) dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

GIIAS 2024 dijadwalkan berlangsung pada 18-28 Juli mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. GIIAS tahun ini digadang-gadang bakal memperlihatkan 11 world premiere kendaraan anyar.

Hyundai ternyata menjadi salah satu merek yang bersiap menginisiasi world premiere dalam pameran otomotif tersebut.

“Ada (world premiere), tapi tunggu nanti. Pokoknya untuk modelnya jangan saya sebutkan dulu,” beber Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto dalam acara temu media beberapa waktu lalu di Jakarta.

Soerjo juga belum mau menyebut apakah model baru Hyundai yang menjalani world premiere dalam GIIAS 2024 merupakan mobil listrik atau mobil bermesin internal combustion engine (ICE/pembakaran internal).

Ia hanya menyatakan kalau model itu bakal dirakit secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi dan ingin diekspor pada masa mendatang. Akan tetapi, di masa-masa awal penjualannya, pasar domestik menjadi prioritas utama.

“Kami sudah berkomitmen bikin pabrik yang kapasitasnya 150 ribu unit (per tahun) dan kapasitas itu masih ada yang kosong. Pasti kami akan menggunakannya untuk pasar domestik terlebih dahulu karena pasar domestik Indonesia yang paling menarik di seluruh ASEAN (Asia Tenggara),” papar Soerjo.

World premiere Hyundai di GIIAS 2024 akan menjadi yang pertama sejak merek mobil asal Korea Selatan itu ditangani oleh HMID sejak 2020. Hyundai sendiri sementara ini mempenetrasi pasar otomotif Indonesia lewat tujuh model.

Daftarnya terdiri dari Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, Hyundai Staria, Hyundai Creta, Hyundai Ioniq 5, Hyundai Stargazer, Hyundai Ioniq 6. Empat model di antaranya yakni Santa Fe, Creta, Ioniq 5, Stargazer sudah diproduksi di dalam negeri.

Lewat tujuh model di atas, Hyundai sekarang berhasil masuk 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-April 2024 menunjukkan bahwa penjualan retail Hyundai menyentuh 8.520 unit, dengan pangsa pasar 2,9 persen dan menjadi merek mobil terlaris ketujuh di Tanah Air. [Xan]

Tag Terkait

Hyundai Hyundai Indonesia GIIAS 2024 world premiere GIIAS 2024

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »