Duh, Mitsubishi Xpander Hybrid Disebut Belum Pasti Meluncur di Indonesia

Berita Otomotif

TANGERANG – Belum ada kepastian apakah Mitsubishi Xpander hybrid akan mengaspal di Indonesia atau tidak, menurut orang nomor satu dari pabrikan tersebut.

President and Chief Operating Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation Takao Kato mengatakan Xpander hybrid memang menjadi salah satu model yang sedang ‘antre’ untuk meluncur. Tapi, ia baru bisa memastikan kehadirannya di Thailand.

“Ya, kami ingin memperkenalkan Xpander hybrid. Tapi, pertama-tama, kami akan meluncurkannya di Thailand karena ada program insentif untuk Xpander hybrid di Thailand,” kata dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam sesi wawancara di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang.

“Untuk saat ini, belum ada rencana pasti peluncuran Xpander hybrid di Indonesia,” tegasnya lagi.

Xpander merupakan low multi purpose vehicle (LMPV) Mitsubishi yang meluncur perdana pada 2017, dengan mesin 1.5-liter bensin. Penyegaran model terakhirnya di Indonesia terjadi pada 2021.

Rencana mengenai Xpander hybrid sendiri pertama kali menyeruak pada Juli 2020, dalam paparan mengenai strategi global Mitsubishi. Tanpa menyebutkan di negara mana, dalam materi presentasi terlihat bahwa Xpander hybrid akan mengaspal pada tahun fiskal 2023 (antara April 2023-2024).

Lalu, dalam peluncuran Mitsubishi Triton terbaru di Thailand pada akhir Juli yang disiarkan via YouTube, Kato menyebut bahwa Xpander hybrid rencananya mengaspal pada awal 2024.

Isu peluncuran Xpander hybrid di Indonesia bermula ketika Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengklaim model ini masuk dalam perencanaan produk Mitsubishi di Indonesia pada Juli 2021 silam.

Tapi, para eksekutif PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berkali-kali menolak mengomentari informasi dari Agus.

Lebih lanjut, Kato, ketika wawancara dalam GIIAS 2023, mengaku sadar bahwa permintaan pasar Indonesia terhadap mobil hybrid belakangan ini sangat menguat. Ia bakal memantau terus perkembangan tersebut, sembari menimang-nimang kemungkinan ‘melepas’ Xpander hybrid di Tanah Air.

“Jadi, sekarang saya akan memonitor lagi seberapa baik mobil hybrid akan diterima di pasar Indonesia. Jika penerimaannya baik, maka kami bisa untuk juga memproduksi Xpander hybrid di Indonesia,” ungkap Kato memberi harapan. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

mitsubishi Mitsubishi Indonesia Mitsubishi Xpander Mitsubishi Xpander hybrid Xpander Xpander hybrid news berita

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »