Beli Wuling Air EV Tak Lagi Inden, Produksinya Sekarang Banyak!

Berita Otomotif

JAKARTA – Para pembeli mobil listrik Wuling Air EV sekarang tak perlu lagi inden. Wuling sudah meningkatkan produksinya secara signifikan.

Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani menjelaskan produksi Air EV di pabrik Cikarang, Bekasi sudah diperbanyak.

Ini dilakukan karena respons dan pemesanan yang jauh di atas perkiraan awal mereka, sejak peluncuran mobil listrik mungil dan murah tersebut pada Agustus 2022.

Alhasil, indennya pun sempat mengular.

“Sekarang sudah siap, sih, (unitnya) di diler-diler karena kapasitas produksinya sudah kami sesuaikan sejak akhir tahun kemarin,” ucap Dian ketika diwawancarai di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, 16-26 Februari kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

67711-mobil-listrik-wuling-air-ev-dipesan-banyak-orang-3.jpg

Sayangnya, Dian mengaku tidak ingat jumlah Surat Pemesanan Terkini (SPK) terkini untuk Air EV.

Air EV sendiri merupakan mobil listrik murni (battery electri vehicle/BEV) termurah di pasar otomotif Tanah Air saat ini. Rentang harganya ada di sekitar Rp200-300 juta.

Besarnya minat pasar membuat Air EV menjadi mobil listrik murni terlaris tahun lalu. Dian menyebut peningkatan produksi Air EV pun ‘sangat signifikan’

“Kan, awalnya, kami ngomong 10 ribu unit satu tahun. Tapi, kalau kita lihat dari Agustus sampai Desember 2022 saja (pengiriman ke diler) sudah 8 ribu unit. Artinya, kami sudah meningkatkan banyak,” ujarnya tanpa mau memperinci.

Air EV, aku Dian, sekarang bahkan menjadi mobil dengan produksi terbanyak kedua di pabrik Wuling Cikarang. Hanya Wuling Confero yang dapat mengalahkannya.

“Produksi Air EV itu 27 persen dari utilisasi produksi pabrik. Tahun lalu total produksi kami 30 ribu-an unit,” jelasnya memberikan sedikit gambaran.

Wuling resmi berjualan di pasar Indonesia sejak 2017, setelah merampungkan pembangunan pabrik mereka. Seluruh model yang mereka ‘terjunkan’ ke pasar merupakan rakitan lokal.

Adapun daftar model Wuling, selain Air EV dan Confero, ialah Cortez, Almaz, Formo, Formo Max, dan yang terakhir—baru saja meluncur dalam IIMS 2023—Alvez.

Dua model di antaranya berteknologi elektrifikasi. Menemani Air EV, ada Almaz hybrid. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita mobil listrik Wuling Air EV mobil listrik murah news wuling Wuling Air EV Wuling Indonesia Mobil Listrik

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »