Aston Martin Valkyrie, Hypercar dengan Harga dan Biaya Servis yang Mencengangkan

Mobil Listrik

Aston Martin Valkyrie bisa dikatakan sebagai salah satu hypercar paling ‘buas’ di muka bumi, dengan jumlah yang sangat terbatas. Tak heran, harga dan bahkan biaya servisnya benar-benar bukan untuk orang sembarangan.

Aston Martin merupakan merek mobil asal Inggris yang banyak ‘melahirkan’ berbagai model legendaris serta ikonik. Salah satu di antaranya ialah Aston Martin Valkyrie.

Tidak banyak hypercar di dunia ini yang bisa menyamai kemampuan serta performa Aston Martin Valkyrie. Harga plus eksklusivitasnya membuat hanya orang-orang paling beruntung di dunia yang bisa memilikinya.

Mobil tersebut dapat diibaratkan sebagai mobil Formula One (F1) versi jalan raya. Anggapan ini tidak berlebihan karena Aston Martin Valkyrie memang dibuat dari teknologi mobil F1, oleh seorang teknisi kenamaan yang berpengalaman di F1.

Artikel kali ini ditujukan untuk lebih mengenal Aston Martin Valkyrie yang tergolong fenomal dari berbagai sisi.

Sejarah Aston Martin Valkyrie: Mobil F1 Versi Jalan Raya

Cerita Aston Martin Valkyrie dimulai dari proyek bersama antara Aston Martin dengan Red Bull Racing, ketika mereka masih menjadi mitra di ajang balap F1. Hasilnya ialah purwarupa Aston Martin AM-RB 001 yang pertama kali ditunjukkan pada 2016.

Ada tiga orang yang bertanggungjawab atas munculkan prototipe hypercar keren ini, menurut situs resmi Aston Martin.

Mereka ialah Adrian Newey yang ketika itu menjabat Chief Technical Officer Red Bull Racing, Marek Reichman yang saat itu berposisi sebagai EVP and Chief Creative Officer Aston Martin, plus David King yang pada masa itu menduduki kursi VP and Chief Special Operations Officer Aston Martin.

Masuknya Newey ke dalam proyek Aston Martin AM-RB 001 menyita perhatian. Bagaimana tidak, ia kerap dianggap sebagai salah satu ‘F1 guru’ sekaligus salah satu desainer paling sukses di kompetisi balap jet darat tersebut.

Newey menyatakan bahwa dirinya sudah lama memendam keinginan mendesain mobil jalan raya yang ‘ganas’. Red Bull Racing, menurut dia, punya kemampuan untuk menangani aspek performa, sedangkan Aston Martin berpengalaman membuat mobil-mobil GT yang indah, cepat, nyaman.

“Saya selalu bersikeras bahwa Aston Martin AM-RB 001 mestinya menjadi sebuah mobil jalan raya yang juga sanggup memberikan performa ekstreme di trek balap. Artinya, mobil ini harus menjadi mobil yang punya dua karakter. Itulah rahasia yang kami coba taruh di dalam mobil tersebut—teknologi yang membuatnya bisa dikendalikan dan nyaman, tapi kemampuan yang luar biasa,” papar Newey.

Pada 2017, terungkaplah nama dari versi produksi Aston Martin AM-RB 001. Mereka sepakat menyebutnya sebagai Aston Martin Valkyrie.

Nama itu, seperti dikutip dari The Verge, berakar dari mitologi Norwegia. Valkryie adalah pelayan perempuan Odin dalam perang yang memilih kesatria mana yang hidup atau gugur. Ia juga menjadi orang yang membawa pahlawan-pahlawan yang gugur ke surga dalam mitologi Norwegia yaitu Valhalla.

Butuh waktu lumayan lama, sebelum akhirnya Aston Martin Valkyrie masuk jalur produksi. Hypercar ini mulai diproduksi pada penghujung 2021.

Produksi Aston Martin Valkyrie, berdasarkan laporan Evo.co.uk, amat terbatas. Varian Coupe hanya dibuat sebanyak 150 unit, diikuti oleh varian Spider sejumlah 85 unit saja dan varian track-only AMR Pro sebanyak 40 unit.

Spesifikasi Aston Martin Valkyrie

Aston Martin Valkyrie dirancang sebagai hypercar mid-engine (mesin berada di tengah bodi), dengan rasio tenaga dan berat (power to weight ratio) 1:1.

Dapur pacu hypercar rear wheel drive (RWD) tersebut, seperti disitat dari situs Topspeed, digawangi oleh mesin hybrid 6.5-liter V12 yang dipadukan dengan transmisi otomatis tujuh percepatan.

Mesin hybrid Aston Martin Valkyrie mampu menggelontorkan tenaga puncak 1.001 hp (10.500 rpm) untuk varian Coupe dan Sypder dan 1.100 hp (10.500 rpm) untuk varian AMR Pro. Torsi maksimalnya, di sisi lain, mencapai 900 Nm (6.000 rpm) untuk seluruh varian.

Motor penggerak listriknya memuntahkan daya 138 hp (varian Coupe dan Spyder) atau 160 hp (varian AMR Pro. Bobot Aston Martin Valkyrie sendiri hanyalah 1.030 kg untuk varian Coupe dan Spyder dan 997 kg untuk varian AMR Pro berkat struktur yang 100 persen terbuat dari serat karbon.

Akselerasi 0-100 km per jam dari Aston Martin Valkyrie kabarnya bisa tercapai hanya dalam waktu 2,5 detik saja, dengan kecepatan tertinggi 354 km per jam untuk varian Coupe dan Spyder serta 402 km per jam untuk varian AMR Pro.

Interior Aston Martin Valkyrie dihiasi oleh setir berbentuk oval yang disertai berbagai tombol kontrol. Penampakannya sangat mengingatkan kita pada lingkar kemudi mobil-mobil balap F1.

Kabinnya memperlihatkan material serat karbon di berbagai sisi, juga kursi berbalutkan material kulit Alcantara yang mewah.

Pengemudi maupun penumpang dapat menggunakan headset khusus yang terkoneksi dengan Bluetooth untuk saling bercakap-cakap di tengah gerungan mesin nan ‘liar’ atau untuk mendengarkan musik.

Pengemudi Aston Martin Valkyrie dapat memilih tiga Drive Mode: Urban, Sport, Track. Beberapa fitur lainnya—yang mungkin tidak dipedulikan oleh sang pemilik—ialah Rearview Camera dan Sideview Camera.

Harga Aston dan Biaya Servis Martin Valkyrie

Harga Aston Martin Valkyrie, seperti bisa diduga, luar biasa mahal. Mereka yang memiliki hypercar ini sudah bisa dipastikan sebagai bagian dari orang-orang terkaya di seantero bumi.

Bagaimana tidak, harga Aston Martin Valkyrie pada 2024, jika menilik situs Topspeed bisa mencapai 3,5 juta dollar AS (Rp 56,14 miliar, 1 dollar AS = Rp16.041,65) di luar negeri.

Banderol tersebut bisa jadi makin membengkak kalau Aston Martin Valkyrie dipasarkan di Indonesia karena instrumen pajak mobil mewah dengan kapasitas mesin besar yang tinggi di negeri ini.

Biaya servis Aston Martin Valkyrie juga ‘mengerikan’ untuk sebagian besar orang. Bloomberg pada awal 2024 memberitakan kalau para pemilik Aston Martin Valkyrie selama tiga tahun harus merogoh kocek sebesar 450 ribu dollar AS atau setara Rp7,21 miliar dengan kurs saat ini.

Aston Martin memang menyediakan paket servis dengan biaya yang lebih rendah. Namun, angkanya tetap sangat jauh dari kata terjangkau, apalagi murah, karena memerlukan biaya 340 ribu dollar AS (Rp5,45 miliar) selama tiga tahun.

Sang jenama mengharuskan perawatan Aston Martin Valkyrie dilakukan di jaringan-jaringan resmi mereka. Jika tidak, sang pemilik akan kehilangan garansi resmi.

Biaya servis Aston Martin Valkyrie dilaporkan jauh lebih besar daripada beragam hypercar lain. Sebagai contoh, biaya servis Bugatti Chiron 2024 selama empat tahun saja ‘hanya’ menyentuh 170 ribu dollar AS atau setara sekitar Rp2,72 miliar dengan kurs saat ini.

Akan tetapi, bagaimana pun ceritanya, Aston Martin Valkyrie adalah salah satu mahakarya di dunia otomotif. Hypercar ini adalah buah kolaborasi antara pabrikan mobil sport Aston Martin dengan tim balap F1 Red Bull Racing, khususnya sang legenda F1 Adrian Newey. [Xan/YS]

Tag Terkait

Aston Martin Valkyrie Hypercar aston martin harga Aston Martin Valkyrie biaya servis Aston Martin Valkyrie

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »