4 Mobil Van Legendaris di Indonesia, Mulai Dari Carry Futura Hingga GranMax

Panduan Pembeli

Segmen kendaraan minibus di Indonesia kini semakin mengerucut pada aktivitas niaga. 
Mobil van atau minibus relatif minim fitur dan hanya mengedepankan volume penumpang yang bisa diangkut. Secara umum, mobil van ini bisa dimuati hingga 8 orang sekaligus.

Mobil van di Indonesia identik dengan mobil minibus tanpa bonnet, baik itu memakai pintu sliding atau model bukaan biasa.

Untuk armada travel atau fleet yang terjangkau, biasanya memakai tipe bawah yang fiturnya bersahaja. Tak jarang, MPV 7-seater dirasa kurang cukup untuk mengakomodasi anggota keluarga yang bisa mencapai 8 orang di rumah, sehingga mobil van lebih ideal untuk kendaraan keluarga. 

Mobil Van jadi pilihan ideal, karena lebih pas konfigurasi kursinya. Terlebih, harga minibus juga cukup terjangkau sehingga cocok bagi kamu yang budget terbatas. Berikut ini deretan mobil van yang bisa digunakan sebagai mobil keluarga. 

Daihatsu Luxio, Mobil Van yang Dipakai Travel Antar Kota

Daihatsu menjajakan dua model minibus sekaligus, yaitu GranMax dan Luxio. Baik GranMax atau Luxio berwujud boxy, punya pintu geser, dan memiliki panjang dimensi lebih dari 4 meter. Secara tampilan, GranMax punya eksterior sederhana, sementara Luxio dipoles lebih mewah. Alasannya, Daihatsu mempersiapkan GranMax sebagai kendaraan niaga sedangkan Luxio menjadi mobil penumpang. 

Daihatsu Luxio mulai dikenalkan ke konsumen otomotif nasional pada 2009. Mobil ini telah mengalami facelift pada 2014 lalu. Luxio cukup banyak digunakan sebagai kendaraan fleet baik itu untuk travel atau mobil operasional kantor. 

Dari segi desain memang terlihat tidak terlalu istimewa dari mobil boxy lainnya, tapi soal fitur boleh diadu.

Secara garis besar, Luxio memang mengusung platform yang sama dengan Gran Max. Namun, Luxio didesain secara eksklusif hanya tersedia di pasar Indonesia. 

Mobil ini memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.915 mm, serta jarak sumbu roda 2.650 mm. Dengan begitu, untuk ukuran dimensi mobil keluarga cukup lapang dan lega. Luxio juga sudah mengadopsi pintu geser (sliding door), yang membuat akses keluar masuk penumpang makin mudah.

Varian termurahnya juga sudah dilengkapi AC double blower dan armrest di baris kedua dan ketiga guna meningkatkan kenyamanan.

Daihatsu Luxio dipasarkan di Indonesia dengan satu pilihan mesin bensin, yaitu 3SZ-VE 1500cc DOHC VVT-i 4 silinder segaris. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum 95 hp/6000 rpm dan torsi maksimum 13,7 Kg.m/4400 rpm. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan di Daihatsu GranMax lawas dan Terios konde.

Daihatsu Luxio tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe D dan tipe X. Sistem transmisi otomatis 4 percepatan hanya dimiliki oleh varian X, sedangkan sistem transmisi manual 5 percepatan dimiliki oleh tipe D dan X.

Fitur menarik di Luxio tipe X atau tipe tertinggi hanyalah head unit 
layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Sementara penyejuk udara dilengkapi dengan AC double blower. 

Nissan Evalia, Mobil Van Satu-Satunya dengan Penggerak Roda Depan

Melihat pasar mobil keluarga yang begitu besar pada dekade 2000-an dengan kesuksesan Grand Livina, Nissan lantas mencoba peruntungan dengan memasukkan NV200 alias Evalia ke pasar Indonesia. 

Evalia pertama kali hadir pada 2012, dimana versi konsepnya telah muncul perdana pada pameran Tokyo Motor Show 2007. Mobil ini awalnya diharapkan bisa meneruskan kesuksesan Nissan Serena sebagai mobil keluarga dengan harga lebih terjangkau.

Tidak seperti dua model MPV Nissan lainnya, Evalia sulit laris karena memang mobil ini adalah mobil van seperti Daihatsu Gran Max. Publik Indonesia sudah banyak yang tahu kalau Evalia sebenarnya memakai basis dari Nissan NV200, yang merupakan mobil angkutan barang sebagai blind van di banyak negara.

Untuk Evalia tipe SV memiliki kelengkapan fitur seperti Mechanicless Single Din, AM/FM, USB, AUX, Body Color Door Mirror, Speakers (4), Body Color Door Handle, Back Door Finisher, Black radiaror Grille with Chrome Finisher,Front Power Window, Central Door Lock, electric Door Mirror dan Electric Power Steering.

Selanjutnya pada Nissan Evalia 1.5 XV, pada tipe teratas ini fiturnya lebih komplit dari SV. Terdapat  tambahan fitur DVD Single DIN, AM/FM Radio, USB, AUX, Roof Monitor 10-inci, Fog Lamp, Parking Sensor, Rear View Camera (Integrated with Multi Information Display), Rear Cooler, I-Key with Immobilizer, ABS (Antilock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution) + BA (Brake Assist) dan Front SRS Airbag. 

Pada baris kedua, Nissan Evalia menggunakan pintu model geser atau sliding door untuk membuka dan menutupnya. Dengan pintu model ini, tentunya sangat memudahkan penumpang untuk akomoditas keluar masuk kabin di ruang parkir yang terbatas. 

Pakai Mesin Grand Livina yang Tenaganya Besar

Evalia dibekali mesin 1.5-liter dengan model pintu geser (sliding door), sejenis dengan Daihatsu Luxio.  Nissan Evalia dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga yang juga digunakan Livina yaitu HR15DE Dual CVTV DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder segaris. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 109 PS di 5.600 rpm serta torsi maksimal 142 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk membuatnya berjalan, putaran tenaga yang dari transmisinya kemudian didistribusikan melalui kedua roda depan.

Suzuki Carry Futura Mobil Van Andalan Keluarga Jawa

Sekalipun tampangnya sederhana, namun dulu Suzuki Carry Futura juga disiapkan sebagai mobil van yang cukup mewah. PT Suzuki Indomobil Sales sempat merilis edisi Carry Futura yang memakai layout kursi captain seat pada tipe GRV. Kursi belakangnya pun menghadap ke depan, bukan saling hadap seperti angkot layaknya tipe lain. 

Sementara itu Carry Futura versi standarnya memiliki konfigurasi kursi tiga tempat duduk di baris kedua. Sementara itu, kursi baris ketiga masing-masing dua tempat duduk yang saling berhadapan seperti naik angkot. Secara kapasitas, Carry Futura versi standar bisa memuat antara 9-10 orang.

Mobil ini begitu banyak digunakan sebagai mobil keluarga oleh masyarakat pedesaan di Jawa. Ini karena Carry Futura sudah didukung AC double blower yang bisa memberikan tambahan udara sejuk hingga baris terakhir.

Suzuki Carry Futura dibekali mesin berkapasitas 1.5L G15A 4-silinder segaris 16 valve SOHC berkombusi injeksi. Tenaga yang dihasilkan sebesar 87 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 122 Nm @3.000 rpm.

Bagaimana soal perawatannya? Kalian tenang saja karena Suzuki Futura ini juga dipakai sebagai angkot, maka sparepart banyak tersedia dan terjangkau. Makin murah lagi kalau pakai komponen OEM. Sistem mekanikalnya juga tidak begitu rumit, sehingga bisa ditangani oleh mekanik bengkel umum manapun.

Daihatsu GranMax, Mobil Van Sederhana yang Serba Bisa

 

Daihatsu GranMax terdiri beberapa pilihan konfigurasi jok. Ada yang kapasitasnya 9 orang dengan jok baris belakang saling berhadapan model angkot, ada pula varian 8 penumpang dengan jok menghadap depan.

Kabin GranMax pun minus fitur modern, dengan pembuka kaca masih berupa engkol model putar. AC double blower dan headrest pada jok paling belakang juga tidak tersedia di GranMax. Untungnya, masih ada handrest di kursi baris kedua dan ketiga.

Peranti yang tersedia di GranMax sifatnya standar dari sebuah mobil. Jadi, jangan berharap GranMax punya fitur kemewahan, kalau untuk power window dan ac double blower pun dia tak punya.

Hal lain yang cukup disayangkan dari GranMax ialah karena mesinnya ada di bawah kursi depan. Kalau untuk perjalanan jauh, membuat baris pertama sedikit hangat sebagai pengaruh radiasi suhu mesin. 

Jadi suasana perjalanan bisa sedikit gerah, apalagi di siang hari yang terik. Mau tidak mau, penumpang dan pengemudi perlu menyalakan AC di suhu paling dingin dan kipas paling kencang.

Itulah mengapa para pemilik GranMax minibus lebih sering memanfaatkan mobilnya sebagai angkot omprengan ketimbang mobil keluarga. Minimnya fitur pada GranMax membuat perjalanan jadi kurang nyaman.

(YS)

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »