5 Kelebihan Hyundai Creta Prime, SUV Modern dengan Fitur Lengkap

Panduan Pembeli

Hyundai Creta menjadi salah satu mobil yang cukup diminati selama beberapa tahun terakhir. Mobil ini sering disandingkan dengan Honda HR-V karena memiliki spesifikasi serta ukuran yang serupa. Untuk tipe tertinggi, Hyundai menyediakan Creta Prime dengan fitur yang begitu lengkap.

PT Hyundai Motors Indonesia menghadirkan Hyundai Creta untuk pertama kali pada event GIIAS 2021. Hyundai merilis lima tipe Creta, masing-masing dengan spesifikasi yang berbeda. Kelima tipe tersebut mencakup tipe Active, Trend, Style, Prime, dan Alpha sebagai edisi khusus.

Secara umum, Hyundai Creta Prime telah dilengkapi dengan 10 fitur Hyundai Smartsense. Selain itu, pada bagian dasbor juga sudah terdapat layar sentuh LCD dibekali dengan koneksi BlueLink serta dukungan sound system Bose. Mesinnya menggunakan Smartstream 1.5 liter dan hanya tersedia dalam transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Sebagai informasi, Hyundai Creta Prime IVT di tahun 2024 ini dijual dengan harga Rp 408,3 juta on the road Jakarta. Lantas apa saja kelebihan lain dari crossover besutan Hyundai tersebut? Berikut ini ulasannya. 

Hyundai Creta Prime Punya Desain Stylish

Dari sisi desain, Hyundai CRETA tampil dinamis dan futuristik, dengan aksen modern dan elegan didominasi garis tegas. Pada sisi depan, Hyundai Creta memiliki tampilan yang modis, dengan aksen DRL Parametric Jewel Hidden-Type. 

Desain lampu depan seolah tersembunyi menyatu dengan gril. Jika lampu Daytime Running Lights (DRL) dimatikan, maka bagian depan mobil akan terlihat seperti memiliki grille besar.

Hyundai menyebut desain grill dan lampu DRL dengan bentuk mirip jajar genjang 3D sebagai Parametric Dynamic, sehingga terlihat seperti permata atau Parametric Jewel.

Selanjutnya pada sisi samping, Hyundai Creta memiliki garis yang tegas sampai ke belakang. Kaki-kakinya dilengkapi dengan velg 17 inci two tone dengan motif diamond cut alloy. 

Sedangkan bagian buritan Creta dipercantik Boomerang Type rear lights. Ini merupakan lampu belakang yang memiliki bagian LED bar yang mengelilingi rumah lampu dan bagian tengah yang terpisah. Pada sisi atasnya terdapat High Mounted Stop Lamp (HMSL) yang memiliki desain sangat unik. 

Dimensi Ringkas Dengan Kabin Luas 

Hyundai Creta merupakan SUV yang didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Crossover rilisan brand Korsel ini hadir dengan dimensi yang kompak, menjadi pilihan ideal untuk kebutuhan urban. Creta memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Memiliki kabin lapang dan mewah, Creta menawarkan ruang kabin yang nyaman untuk lima penumpang. Jangan lupa, tipe ini juga memiliki panoramic sunroof yang bisa dibuka saat mobil berkendara.

Creta Prime juga menyuguhkan beragam fitur kenyamanan yang mengesankan. Mulai dari fitur-fitur seperti AC, Automatic Climate Control, hingga Ventilated Front Seats untuk menjaga suhu dalam kabin tetap nyaman. Terdapat Wireless Charger untuk menjaga konektivitas dan komunikasi pengguna selama perjalanan.

Terpasang Power USB Port di Bagian Belakang untuk pengisian daya ponsel penumpang. Kelengkapan lain tersedia Cup Holders melimpah, Rear AC Vents dan Console Armrest dengan Air Purifier.

Crossover Kaya Fitur Canggih Untuk Kenyamanan Berkendara 

Hyundai Creta menjadi crossover dengan beragam fitur yang siap memanjakan pengguna. Selain berlimpah fitur entertainment, juga dilengkapi banyak fitur keselamatan. 

Untuk dukungan berkendara terdapat fitur paddle shift, cruise control, mode berkendara (drive mode), traction control mode dan electronic parking brake. Pada kemudi dilengkapi pengaturan Tilt & Telescopic sehingga bisa disesuaikan dengan posisi duduk mengemudi. Lingkar kemudi mobil menyerupai bentuk D-Cut steering wheel yang membuatnya terlihat lebih sporty.

Hyundai Creta dilengkapi sarana pendukung entertainment yang siap memanjakan penumpang. Pada bagian tengah dashboard terdapat display layar sentuh 8 inci terkoneksi dengan Bluetooth dan
 radio AM/FM. Sound system BOSE dengan 8 speaker memanjakan telinga dengan produksi suara yang mengesankan. Kemudian untuk mendapatkan ragam informasi mengenai kendaraan bisa dilihat dari meter cluster 10,25 inci TFT LCD di balik kemudi.

Agar kabin terasa mewah dan nyaman terdapat ambient mood lamp. Penyejuk udara (AC) sudah beroperasi secara otomatis. Pengguna tak perlu repot-repot untuk melakukan pengaturan pada saat pertama kali masuk ke dalam mobil.

Selain itu sistem menyalakan kendaraan tinggal menekan tombol Start-Stop dan bisa menyalakan mesin dari jarak jauh. Untuk membuka pintu bagasi sudah terpasang fitur Electric Tailgate Release.

Performa Mesin Non Turbo yang Tenaganya Mengesankan

Tidak seperti beberapa brand lain yang menyediakan crossover bermesin turbo, Hyundai masih setia dengan mesin bensin naturally aspirated. Meskipun demikian, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar sehingga bisa memberikan sensasi fun to drive. 

Hyundai Creta dibekali mesin bensin Smartstream 1.5 liter, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 PS pada 6.300 rpm serta torsi maksimum 143,8 Nm pada 4.500 rpm. 

Untuk tipe Prime sudah tersedia dukungan empat mode berkendara, antara Eco, Smart, Comfort dan Sport. Uniknya lagi, tipe ini hanya tersedia dalam transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Didukung Hyundai SmartSense Untuk Fitur Keselamatan Komprehensif 

Salah satu keunggulan utama Hyundai Creta Prime yang tidak bisa diabaikan adalah fitur keselamatan yang lengkap. Kendaraan ini dirancang dengan teknologi canggih untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpangnya. 

Fitur-fitur keselamatan yang disematkan termasuk Hill Start Assist, Electronic Stability Control, hingga Speed Sensing Auto Door Lock. Pengeremannya dilengkapi fitur Anti-Lock Braking System (ABS), Brake Assist, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control System, serta penggunaan Curtain Airbags.

Hal yang paling mengesankan dari Hyundai Creta adalah komitmennya terhadap keselamatan. Selain fitur-fitur standar seperti Airbag Samping Depan dan Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman, Creta juga dilengkapi dengan teknologi ADAS Hyundai SmartSense. 

Beberapa di antaranya termasuk Lane Keeping Assist (LKA), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist (HBA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), dan lainnya. 

10 fitur di Hyundai SmartSense diharapkan membantu mengurangi risiko kecelakaan dan memberikan pengemudi lebih banyak kendali di jalan.

Terdapat dua fitur khas yang dimiliki oleh Hyundai Creta Prime, yaitu Bluelink dan SOS. Fitur Bluelink berfungsi sebagai tombol untuk menghubungkan pengemudi ke call center jika mengalami kendala di perjalanan. Bluelink juga menyediakan layanan call center selama 24 jam.

Jika tombol Bluelink dipencet, itu akan berfungsi seperti telepon ke call center. Jadi, jika ada masalah di jalan seperti membutuhkan mobil derek atau bantuan lainnya, bisa memanfaatkan fitur ini.

Call center akan segera menghubungi dealer Hyundai terdekat dari lokasi pengemudi untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan, seperti pengiriman mobil derek atau mekanik.

Selain itu, Hyundai Creta Prime juga dilengkapi dengan fitur tombol SOS, yang secara otomatis akan menghubungkan ke call center jika mobil mengalami kecelakaan. Fitur ini dirancang untuk memberikan respons cepat dalam situasi darurat.

(YS)

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »