5 Hal Penting di Honda WR-V RS, Sudah Dibekali Honda Sensing

Panduan Pembeli

Sebagai produk pendatang baru di segmen small SUV, Honda WR-V ini tak cuma modal tampang tapi juga fitur yang semakin oke. Honda WR-V hadir untuk konsumen dari usia muda, sehingga desainnya begitu stylish. 

WR-V pertama kali diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada November 2023 di Jakarta, kemudian produksinya dimulai pada 21 Desember 2023.

Honda WR-V tersedia dalam 3 varian. Yakni Honda WR-V Tipe E CVT, Honda WR-V Tipe RS CVT, dan Honda WR-V Tipe RS CVT dengan Honda Sensing. 

1. Eksterior Honda WR-V RS yang Modis

Honda WR-V mempunyai panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm. Untuk wheelbasenya sepanjang 2.485 mm serta ground clearance 220 mm.

Dari sisi eksterior, tipe ini mendapat Full LED Headlight lengkap dengan Daytime Running Light, LED Sequential Turning Signal, Roof Garnish, serta Stylish RS Aero Kit. 

Tampilan depan Honda WR-V RS dipercantik dengan gril depan yang mengusung desain tesselated bernuansa futuristik, yang serupa dengan milik Honda Civic. Sisi fascia terdapat lampu depan LED tipis, tajam dan panjang dengan LED Sequential Turning Signal.

keberadaan fog lamp dan under guard pada bumper depan, membawa kesan maskulin sekaligus stylish di Honda WR-V RS.

Pada Honda WR-V, terdapat aksen hitam di atap, namun ini bukanlah sunroof atau panoramic roof melainkan hanya aksen cat hitam biasa. Pada sisi belakangnya, menggunakan LED bars pada stoplampnya bergaya L shape yang mirip dengan Honda BR-V.

Sebagai varian termahal, Honda WR-V RS ini mendapat fitur Auto Headlight berupa lampu utama yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah. Auto headlight juga bekerja saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Canggihya, mobil ini WR-V RS juga memiliki fitur auto wiper.

2. Interior Lega Kaya Fitur Modern

Masuk ke dalam kabin, desain jok bagian depannya dibuat cekung semi bucket yang terasa pas di pinggul dan punggung. Dashboard mobil ini memakai bentuk yang sama dari kakaknya yaitu Honda BR-V. 

Bicara teknologi multimedia,  Honda WR-V RS dilengkapi dengan 7" Capacitive Touchscreen Display Audio, AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, hingga Smartphone Connection. 

Fitur pendukung kenyamanan lainnya berupa Digital A/C, 6 Speakers, Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal, Meter Cluster dengan 4.2" TFT Display

Pada sisi pengemudi, dilengkapi layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) display pada dashboard yang diapit dua panel analog untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Pengaturan posisi kemudi tersedia Tilt Steering Wheel.

Dari segi hiburan, pabrikan melengkapinya dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Mobil ini juga dilengkapi dengan digital auto AC yang membuat kabin lekas dingin. 

Dengan panjang kendaraan hanya di kisaran 4 meter, tak membuat interior Honda WR-V jadi sempit.
Honda sukses merancang ruang kabin yang nyaman pada WR-V, bukan hanya untuk pengemudi tapi juga smapai ke penumpang belakang. Honda juga mendesain bagian belakang jok depan dengan bentuk cekung agar ruang penumpang jadi cukup luas.

Soal dimensi kabin, Honda WR-V memiliki head room dan leg room untuk ruang penumpang barus kedua begitu lega untuk maksimal lima orang dewasa. Ini karena wheelbase sepanjang 2.485 mm, yang membuat ruang kabin bisa dimaksimalkan untuk penumpang dan barang. 

Dimensi kabin yang luas bahkan berlanjut ke bagasi belakang. Bagasi Honda WR-V masih bisa dijejali setidaknya empat koper ukuran medium ditambah beberapa tas atau barang bawaan berdimensi kecil.

3. Fitur Keselamatan Lengkap di Honda WR-V RS

Honda WR-V RS with Honda Sensing mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING. 

Kemudian untuk fitur keselamatan standarnya sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt dan Parking Sensor di bagian belakang mobil.

Dari segi keamanan, Honda WR-V RS turut dibekali Smart Key, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer, dan Alarm System. WR-V memiliki kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat saat tuas transmisi dalam posisi mundur. 

4. Punya Honda Sensing di Honda WR-V RS

Honda Sensing adalah sebuah paket fitur keamanan yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Fitur ini menggunakan berbagai sensor dan kamera yang tertanam pada mobil untuk memberikan berbagai bantuan pengemudi yang intuitif dan canggih. 

Honda Sensing diciptakan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan nyaman. Honda Sensing juga memungkinkan pengemudi untuk fokus lebih pada perjalanan dan menikmati pengalaman berkendara dengan fitur keselamatan tambahan.

Fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

Berikut ini fungsi masing-masing fitur Honda Sensing di Honda WR-V:

1. Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Fitur ini membantu mengurangi risiko tabrakan dengan mendeteksi kendaraan di depan dan memberikan peringatan ketika terjadi potensi benturan. Jika pengemudi tidak bereaksi dengan cepat, sistem ini dapat mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis untuk mengurangi dampak tabrakan atau bahkan menghindarinya.

2. Road Departure Mitigation System (RDM)

RDM bekerja dengan menggunakan kamera untuk mendeteksi garis pembatas jalan. Jika mobil melebihi garis pembatas tanpa ada tanda perubahan arah, sistem ini memberikan peringatan dan bisa memberikan bantuan pengereman untuk menjaga mobil tetap berada di jalurnya.

3. Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan kendaraan serta mengatur jarak antara mobil dan kendaraan di depannya. ACC dapat secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil agar tetap berada pada jarak yang aman dari kendaraan di depan.

4. Lane Keeping Assist System (LKAS)

LKAS membantu pengemudi dalam menjaga mobil tetap berada di jalur yang benar. Fitur ini menggunakan kamera untuk mendeteksi garis pembatas jalan dan memberikan bantuan pada setir untuk mencegah mobil keluar dari jalurnya tanpa sengaja.

5. Auto High-Beam Headlights (AHB)

Fitur ini secara otomatis mengatur kecerahan lampu utama mobil berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Hal ini membantu mengoptimalkan penglihatan pengemudi dan menghindari gangguan cahaya yang dapat mengganggu pengemudi lain di jalan.

5. Spesifikasi Honda WR-V RS, Lincah dan Bertenaga

WR-V dibekali mesin 1.5L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris Drive by Wire, dimana mesinnya juga digunakan pada All New BR-V, City Hatchback, dan City sedan.

Mesin tersebut memproduksi tenaga maksimum di 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Honda WR-V tersedia dalam opsi transmisi manual 6 percepatan atau otomatis CVT.

Sistem suspensinya menggunakan MacPherson Strut untuk bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. 

(YS)

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »