Yuk Intip Suasana Jadul New York Auto Show 120 Tahun Lalu

Berita Otomotif

Yuk Intip Suasana Jadul New York Auto Show 120 Tahun Lalu

NEW YORK - Mobilovers, yuk simak suasana New York Auto Show pertama kali yang digelar tahun 1900, saat itu didominasi mobil listrik dan tenaga uap.

New York Auto Show 2020 sejatinya berlangsung pada minggu ini. Namun karena wabah Corona diputuskan untuk diundur dan rencananya akan digelar pada 28 Agustus - 6 September 2020

Namun itu juga dengan catatan bahwa wabah Corona di dunia khususnya di New York sudah reda. Sebagai informasi, veneu atau tempat penyelenggara pameran di Jacob K. Javits Convention Center saat ini dijadikan rumah sakit sementara untuk merawat pasien Covid-19.

Daripada menunggu dengan ketidak pastian, lebih baik kita melihat sejarah saat pertama kali New York Auto Show berlangsung. Saat itu di tahun 1900, pameran dilakukan di Madison Square Garden yang hingga saat ini menjadi kandang bagi tim hoki New York Rangers dan Klub Basket New York Knicks.

Pada pameran pertama, sedikitnya 69 peserta ikut ambl bagian memamerkan kendaraan mereka. Saat itu memang banyak produsen kendaraan terutama masih skala kecil atau sebuah workshop yang coba menciptakan sebuah kendaraan.

Nama-nama pembuat mobil yang mungkin pernah Anda dengar seperti Auburn serta Pierce-Arrow. Dan masih banyak lagi pembuat mobil saat itu hampir tidak banyak orang yang mengingat atau sejarah mencatatnya seperti Grout.

Yang menjadi satu catatan menarik adalah ada kesamaan antara atmosfer di pameran otmotif tahun 1900 dengan kondisi saat ini. Yakni sama-sama melakukan pengembangan mobil listrik.

Kenapa listrik ?, salah satunya karena saat itu bensin bukan menjadi sebuah sumber tenaga. Jadi mesin-mesin bakar reguler saat ini belum populer.

Pada New York Auto Show 1900, persaingan sistem penggerak justru terjadi antara kendaraan listrik dengan tenaga uap sebagai alternatif. Para pembuat kendaraan listrik saat ini di antaranya adalah Angus, Car de Luxe, Coyote Special, Norwalk Underslung, Pungs Finch dan masih banyak lagi. Sementara pembuat kendaraan bertenaga uap ada Eclipse Steam dan Milwaukee Steamer.

Dan dalam perjalanan New York Auto Show, pada pameran ke 11 juga bertepatan dengan  International Aviation Show atau pameran dirgantara pertama. Sementara sepedamotor mulai dipamerkan pada tahun ke 14 kemudian pada pameran 1936 mobil travel trailer atau Recreational Vehicle (RV) alias mobil dengan konsep rumah untuk hiburan bersama keluarga.


Salah satu dokumentasi yang jelas diabadikan adalah foto Henry dan Edsel Ford di New York Auto Show 1928. Keduanya berpose di depan Ford Model A yang menjadi mobil populer saat itu.

Dalam catatan lain disebutkan, pada 1939 harga tiket New York Auto Show sebesar $ 40 sen atau dengan kurs saat ini sekitar Rp 6.320. Harga tersebut kabarnya turun dari harga tiket sebelumya yang mencapai 55 sen dollar hingga $ 75 sen atau dikisaran Rp 8.600 sampai Rp 11.800.

Keliahatannya murah  jika diukur dengan nilai mata uang sekarang. Namun menurut hitungan inflasi dari Bureau of Labor Statistics atau Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, nilai $ 40 sen setara dengan $ 7.39 atau sekitar Rp 116 ribu. Pada New York Auto Show 2020, harga tiket $ 7 untuk anak-anak sementara orang dewasa $ 17 atau setara dengan Rp 268 ribu.

Catatan terakhir, New York Auto Show tidak digelar selama Perang Dunia Kedua berlangsung karena semua pabrikan mobil kala itu fokus untuk membantu perjuangan. Dan baru tahun ini kondisi yang nyaris sama terjadi karena wabah Corona, namun memang masih dalam tahap penundaan. Mudah-mudahan wabah Corona segera berlalu dan mari simak video suasana New York Auto Show 1900 hasil rekaman Thomas A Edison. inc.

 

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar