Yuk Cek Air Radiator Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

Yuk Cek Air Radiator Sebelum Mudik

JAKARTA – Menyiapkan kendaraan agar berada dalam kondisi terbaiknya saat mudik bukanlah perkara gampang.

Ada banyak komponen dan bagian kendaraan yang harus diperiksa dan mendapat perhatian. Salah satunya adalah air radiator. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menguras, mengisi ulang atau menambah air radiator.

Pertama adalah setelah membuka baut pembuangan yang berada di bawah radiator, pastikan Anda menunggu hingga seluruh air di dalam radiator terbuang. Tutup kembali dan buka baut pembuangan angin.

Langkah kedua, Anda tinggal mengisi radiator dengan cairan pendingin radiator (radiator coolant) hingga keluar melalui baut buang angin. Kemudian tutuplah baut buang angin tersebut dan biarkan tutup radiator tetap terbuka.

Tahapan ketiga, dalam kondisi AC mobil yang mati, cobalah menghidupkan mesin hingga temperaturnya mencapai suhu ideal yakni ketika jarum temperatur menunjuk setengah dan kipas radiator berputar. Keempat, tambahkan air hingga batas maksimal jika volume air berkurang kemudian tutup kembali radiator.

Periksa juga kondisi tangki cadangan. Bila kondisi tangki kotor, kuraslah dan isi kembali dengan cairan radiator coolant hingga memenuhi batas maksimum. Kencangkanlah tutup radiator dan tutup reservoir. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah saat pertama kali mengendarai mobil setelah pengurasan air radiator, cek kembali volume air radiator di tangki cadangan, tambahkan jika kurang. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support