Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Yuk Cek Air Radiator Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

Yuk Cek Air Radiator Sebelum Mudik

JAKARTA – Menyiapkan kendaraan agar berada dalam kondisi terbaiknya saat mudik bukanlah perkara gampang.

Ada banyak komponen dan bagian kendaraan yang harus diperiksa dan mendapat perhatian. Salah satunya adalah air radiator. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menguras, mengisi ulang atau menambah air radiator.

Pertama adalah setelah membuka baut pembuangan yang berada di bawah radiator, pastikan Anda menunggu hingga seluruh air di dalam radiator terbuang. Tutup kembali dan buka baut pembuangan angin.

Langkah kedua, Anda tinggal mengisi radiator dengan cairan pendingin radiator (radiator coolant) hingga keluar melalui baut buang angin. Kemudian tutuplah baut buang angin tersebut dan biarkan tutup radiator tetap terbuka.

Tahapan ketiga, dalam kondisi AC mobil yang mati, cobalah menghidupkan mesin hingga temperaturnya mencapai suhu ideal yakni ketika jarum temperatur menunjuk setengah dan kipas radiator berputar. Keempat, tambahkan air hingga batas maksimal jika volume air berkurang kemudian tutup kembali radiator.

Periksa juga kondisi tangki cadangan. Bila kondisi tangki kotor, kuraslah dan isi kembali dengan cairan radiator coolant hingga memenuhi batas maksimum. Kencangkanlah tutup radiator dan tutup reservoir. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah saat pertama kali mengendarai mobil setelah pengurasan air radiator, cek kembali volume air radiator di tangki cadangan, tambahkan jika kurang. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang