Yayasan Pendidikan Astra Terus Berkomitmen Majukan Pendidikan Indonesia

Berita Otomotif

Yayasan Pendidikan Astra Terus Berkomitmen Majukan Pendidikan Indonesia

JAKARTA – Sejak berdiri 12 tahun silam, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) telah banyak berkontribusi sebagai penggerak kemajuan pendidikan Indonesia di daerah-daerah prasejahtera dengan program-program pembinaan yang adaptive/agile, innovative dan impactful (berdampak). Semua kontribusi yayasan yang dibentuk oleh grup otomotif PT Astra International Tbk itu berbasis pada empat pola pembinaan terintegrasi: akademik, seni budaya, karakter dan kecakapan hidup.  

“Menapaki usia ke-12,  jumlah sekolah binaan YPA-MDR  telah mencapai 106 sekolah yang tersebar di 16 kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur  dengan total guru binaan 1.509 orang dan siswa binaan 23.819 orang. Lebih jauh lagi, terdapat 33 sekolah binaan yang sudah mencapai sekolah unggul dan 18 sekolah binaan berada dalam tahapan proses unggul. Sementara itu, dalam penilaian status sekolah terdapat 43 sekolah binaan yang terakreditasi A,” tutur Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo.

Dalam rangka merayakan ulangtahun ke-12, YPA-MDR telah menggelar sejumlah kegiatan:

  • Gerakan Penghijauan Indonesia (7-26 Januari 2021) melibatkan sekolah binaan, mitra dan seluruh masyarakat, tercapai penanaman pohon atau tanaman baru sebanyak 8.443 pohon dari target 7.121 pohon, angka ini melambangkan tanggal ulang tahun YPA-MDR ke-12 yaitu 7 Januari 2021. Melalui gerakan ini, YPA-MDR mengajak semua pihak bersama-sama melakukan aksi nyata dalam menjaga kesehatan diri dan bumi dengan menambah jumlah pohon penghasil oksigen di lingkungan sekitar.
  • Lomba Cerdas Cermat Virtual (7-20 Januari 2021) untuk tingkat SD, SMP dan SMK.
  • Lomba Menyanyi “Mars Sekolah Unggul” (7-18 Januari 2021) yang diikuti oleh sejumlah SD
  • Talkshow “Kupas Tuntas Asesmen Nasional” (26 Janauri 2021)

Perjalanan YPA-MDR berawal dari gagasan Presiden Direktur Astra periode tahun 2005–2010, almarhum Michael D Ruslim, yang memberikan amanah melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk daerah prasejahtera khusus di bidang pendidikan dalam rangka kontribusi sosial berkelanjutan untuk daerah prasejahtera dan 3T (terluar, terdepan, tertinggal), dalam upaya mewujudkan cita-cita Astra yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar