Yamaha Vinoora 125 Diluncurkan, Tampangnya Gemesin

Berita Otomotif

Yamaha Vinoora 125 Diluncurkan, Tampangnya Gemesin

JAKARTA – Yamaha Vinoora 125 diluncurkan di Vietnam dan segera menyasar pasar Asia lainnya.

Skutik saat ini memiliki banyak pilihan model mulai dari tampilan klasik, sporty hingga futuristik. Semakin banyaknya pilihan model, tentunya akan memberikan keleluasan bagi konsumen.

Yamaha Vinoora 125 hadir dengan tampilan klasik dan unik. Fascia motor ini mengingatkan pada sosok kartun berwarna kuning yang dikenal dengan sebutan minion. Dua lampu depan berbentuk bulat menjadi daya tarik motor ini.

Di Indonesia, jika melihat tampilan kendaraan seperti ini mengingatkan kembali pada sosok kendaraan roda tiga bernama bemo. Hal ini tampak pada bentuk bemper depan yang menyatu dengan bodi membulat.

Meskipun bertampang lawas, namun skutik mungil ini tetap mengusung sejumlah teknologi modern. Bisa dilihat dari penggunaan lampu utama LED dan DRL di bagian sisinya. Alat kemudi atau biasa disebut setang dibiarkan telanjang dengan rangkaian kabel dan gas.

Pada bagian buritan, lampu-lampu motor ini juga berbentuk bulat yang kian menguatkan kesan retro. Selebihnya di samping sama saja seperti skutik pada umumnya. Hanya pada sektor pembuangan alias knalpot yang terlihat kurang proposional dari arah pipanya.
Yamaha Vinoora 125

Sebagai motor berdimensi kecil, pastinya bobotnya juga cukup ringkas. Yamaha Vinoora 125 dikatakan hanya memiliki bobot 94 kilogram. Selain itu, ketinggian jok dari tanah hanya mencapai 745 mm. Sehingga motor ini bisa digunakan untuk berbagai karakter konsumen.

Selai lampu-lampu LED yang melekat pada motor ini, unsur modernnya juga hadir dalam bentuk fitur-fitur terkini seperti panel meter digital seluruhnya, USB Charging Port dan Yamaha Smart Start System. Fitur terakhir disebut membuat proses menyalakan mesin tidak lagi berisik maupun menimbulkan getaran berlebih.

Yamaha Vinoora dibekali dengan mesin 125 cc satu-silinder berpendingin udara. Besaran tenaga yang dihasilkan kendaraan ini mencapai 8.04 hp dan torsi puncaknya mencapai 9.7 Nm. Jantung mekanisnya di atas kertas lebih bertenaga dibandingkan Yamaha Gear yang merupakan salah satu andalah Yamaha Indonesia.

Vinoora diklaim memiliki tingkat efisiensi yang cukup tinggi. Adapun konsumsi bahan bakarnya mencapai 57.7 km/liter. Motor yang pertama kalinya hadir di China ini dibanderol mulai dari Rp 39 jutaan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar