Yamaha Siapkan R25 4 SIlinder untuk Saingi Kawasaki Ninja ZX-25R

Berita Otomotif

Yamaha Siapkan R25 4 SIlinder untuk Saingi Kawasaki Ninja ZX-25R

TOKYO – Yamaha dikabarkan tengah mengembangkan Yamaha R25 terbaru untuk menyaingi popularitas Ninja ZX-25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R mendapat popularitas cukup tinggi sejak pertama kalinya dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019. Bahkan setelah di luncurkan di Indonesia disusul Thailand, popularitas motor ini semakin melejit.

Ninja ZX-25R menjadi motor paling inovatif saat ini. Mesinnya menjadi empat-silinder terkecil di era motor modern. Teknologi yang membantu pengendara juga semakin lengkap. Tidak heran calon pembelinya di Indonesia membludak, meskipun masih dalam situasi pandemi.

Kawasaki secara tidak langsung kembali menggairahkan pasar motor sport 250 cc lewat ZX-25R. Kesuksesan Ninja ZX-25R di Asia khususnya, membuat manufaktur motor lain asal Jepang ngiler. Mereka seolah tidak ingin Kawasaki bermain sendirian di kelas 250 cc dengan mesin empat-silinder.
Yamaha R25 empat-silinder

Seperti Yamaha dikabarkan tengah mengembangkan R25 empat-silinder. Motor ini menurut beberapa sumber akan menggunakan nama YZF-R25M. Huruf terakhir terinspirasi dari R1M yang memiliki performa lebih baik daripada YZF-R1.

Sama seperti Ninja ZX-25R, Yamaha R25 empat-silinder juga dikembangkan dengan fokus motor sirkuit. Artinya pabrikan berlambang Garpu Tala ini akan menghadirkan motor dengan mesin 250 cc yang memiliki performa mengagumkan.

Kabar mengenai Yamaha yang tengah mengembangkan 250 cc empat-silinder ini dibarengi dengan Honda CBR250RR empat-silinder. Pabrikan motor berlogo Sayap Mengepak ini menjulukinya sebagai baby FireBlade, atau turunan dari superbike 4 silinder Honda CBR1000RR-R FireBlade. 

Sekali lagi terbukti bahwa Ninja ZX-25R merupakan pemantik dari gairah sport 250 cc. Untuk pasar Asia sendiri, motor ini terbukti masih banyak penggemarnya. Tidak heran pabrikan motor Eropa mulai melirik segmen ini, bahkan sampai mendirikan pabrik di Asia. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar