Yamaha Semakin Dekat Produksi Motor Listrik E01

Berita Otomotif

Yamaha Semakin Dekat Produksi Motor Listrik E01

JAKARTA – Yamaha dikabarkan segera memulai produksi E01 yang merupakan motor listrik konsepnya selama ini.

Yamaha E01 pertama kalinya dipamerkan pada event Tokyo Motor Show 2019. Skutik listrik konsep tersebut digadang-gadang akan menjadi penantang serius Honda PCX Electric.

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa pabrikan motor berlambang Garpu Tala ini tengah menyiapkan versi produksi dari E01. Manufaktur yang bermarkas di Iwata, Jepang ini akan memulai langkah besar dengan memproduksi kendaraan listrik.

Saat ini, Yamaha masih berkutat sebagai pabrikan motor bermesin konvensional. Dibandingkan dengan Honda yang telah memulai dari hybrid hingga full electric, Yamaha cukup tertinggal untuk kendaraan listrik, terutama pada skutik.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada TMS 2019, proses perkembangan E01 tertidur cukup panjang. Hal ini dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang berkepanjangan bahkan hingga sekarang.

Masuk jalur produksi, beberapa sumber menyebutkan bahwa pihak Yamaha sudah mendaftarkan nama E01. Artinya saat mulai dipasarkan, namanya tetap Yamaha E01. Cukup keren karena tidak mendompleng produk mereka sebelumnya yang sukses di pasaran.

Dibandingkan dengan versi konsepnya, Yamaha E01 versi produksi dikatakan menggunakan desain jok yang berbeda. Terlihat dari nihilnya behel belakang untuk pegangan penumpang yang kini menjadi satu dengan jok.

Yamaha E01 dikatakan akan memberikan ruang penyimpanan lebih besar daripada motor listrik lainnya. Ini berkat penyimpanan baterai yang akan berada di bagian bawah dek motor.
Yamaha E01

Nampaknya Yamaha belajar dari kompetitornya yang menggunakan produk eksisting yakni PCX, untuk dijadikan motor listrik. Sehingga mereka mengorbankan ruang bagasi untuk dijadikan tempat penyimpanan baterai.

Honda PCX Electric sendiri menggunakan dua baterai berukuran besar, sehingga tidak tersisa ruang untuk penyimpanan barang. Hal itulah yang dikejar Yamaha pada saat memproduksi E01.

Desain yang bisa dilihat dari berbagai sumber di dunia maya, dipercaya akan tetap dipertahankan. Adapun bentuk Yamaha E01 sendiri sangat futuristik dengan detail yang mengagumkan.

Pihak Iwata dikabarkan akan mulai memperkenalkan E01 versi produksi pada Oktober 2021. Sementara motor listrik ini baru akan dipasarkan secara luas pada awal 2022. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar