Yamaha RD350 Custom, Jadul Tapi Cihui

Berita Otomotif

Yamaha RD350 Custom, Jadul Tapi Cihui

ALZIRA – Yamaha RD350 bukan sembarang motor klasik, namun memiliki kemampuan mesin luar biasa.

Adalah Bolt Motor Company yang kedapatan tugas untuk merombak salah satu legenda Yamaha tersebut. Pemiliknya meminta untuk motor ini tampak seperti motor balap lengkap dengan livery-livery khas motor sirkuit.

Yamaha RD350 merupakan kendaraan roda dua yang klasik namun populer di dunia balap. Motor ini dikenal sebagai kendaraan yang ringan dan tenaganya sangat responsif. Kuda besi buatan Yamaha ini menggunakan mesin dua-silinder 2-Tak.

Sebagai kendaraan kompetisi, Yamaha RD350 sangat rakus meminum bensin. Jika dibandingkan dengan motor yang beredar saat ini, Yamaha RD350 termasuk sangat boros, terlebih mesin 2-Tak yang sudah pasti mencoreng kebersihan udara.

Permintaan sang pemilik yang ingin merubah tampilan motornya agar lebih racy, ditunjukkan pada permainan cat. Sentuhan unik dari Bolt, menjadikan kendaraan ini seperti dibawa kembali ke era motor balap klasik. Perpaduan biru dan orange mengingatkan sebuah motor balap yang disponsori oleh oli Gulf nan ikonik.

Untuk membuat tampilan motor tetap orisinil, Bolt Motor menggarap secara khusus beberapa komponen meliputi jok atau tempat duduk, bagian belakang motor hingga belly pan atau pelindung mesin bagian bawah.

Selebihnya motor ini dikembangkan dengan menggunakan komponen dari motor lain. Seperti untuk mendapatkan handling nan baik, mereka menjejalkan kaki-kai depan dan belakang milik Suzuki GSX-R600. Nampak pula radiator yang kian menyegarkan tampilan motor ini.

Sentuhan ala balap di motor ini semakin kental dengan adanya speedometer digital EX-02 yang dipadankan dengan takometer Koso. Meskipun digital namun dua komponen tersebut tidak mengurangi nilai-nilai klasik yang ingin dibangun.

Urusan mesin, tidak dijelaskan secara gamblang. Namun pihak Bolt mengatakan bahwa mereka melakukan penambahan kapasitas mesin atau biasa disebut bore up, guna mendapatkan tenaga yang lebih besar. Seiring dengan hal tersebut, Bolt juga melakukan penyesuaian sehingga mesin lebih ramah dalam penggunaan bahan bakar, karena niat awalnya akan dijadikan motor harian.

Untuk menyesuaikan dengan ubahan mesin yang sudah dilakukan, pihak Bolt mengganti knalpot lawasnya dengan pelepas gas buang klasik buatan Arrow. Walhasil suaranyalebih merdu dibandingkan sebelumnya.

Sebagai rumah modifikasi, Bolt Motor memiliki ciri unik dalam mengubah tampilan kendaraan. Beberapa detail dari hasil oprekannya, tidak dimiliki oleh bengkel lain sejenis. Tidak hanya piawai memodifikasi tampilan, mereka juga memiliki sentuhan dingin dalam meningkatkan performa mesin. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar