Yamaha R7 2021 Meluncur Gantikan R6

Berita Otomotif

Yamaha R7 2021 Meluncur Gantikan R6

JAKARTA – Yamaha Europe akhirnya meluncurkan R7 setelah dua kali menampilkan gambar penggoda atau teaser. Motor ini praktis menggantikan R6 yang telah disuntik mati untuk kebutuhan jalanan.

Yamaha YZF-R7 hadir sebagai motor berkarakter superbike namun tetap bisa diandalkan melaju di jalan raya. Setelah menyuntik mati Yamaha YZF-R6 beberapa waktu lalu untuk kebutuhan jalan raya, otomatis pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut tidak memiliki andalan di kelas supersport.

Motor ini menggunakan mesin yang lebih ringkas daripada R6 namun memiliki kesamaan dengan MT-07. Kuda besi ini menggendong mesin 689 cc Euro5 CP2 dan dipercaya mampu menghasilkan daya maksimum 72 hp pada 8.750 rpm. Sementara Torsi puncaknya disebutkan mencapai 66.6 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin CP2 yang diusungnya diklaim telah mendapatkan ECU (Electronic Control Unit) terbaru, revisi catalist di lubang pembuangan, optimalisasi intake dan setinggan injeksi terkini. Hasilnya, mesin Yamaha YZF-R7 mampu berakselerasi lebih baik dari MT-07.

Motor kelas supersports ini tampil gagah dengan menggunakan bodi yang mirip Yamaha R1M. Dikembangkan dari motor tersebut, mulai dari fairing, tangki bahan bakar dan jok sangat kental pada R7 2021.
Yamaha YZF-R7 2021

Yamaha membuat penyeragaman tampang atau kerap disebut bahasa desain mulai dari MT-Series dan sekarang pada R-Series. Ciri paling kentara terlihat jelas pada air intake yang terletak di tengah-tengah fairing dan lampu LED mungil seperti R6 dan R1.

Racun Yamaha R1M tidak hanya disematkan untuk bagian depan motor, desain lampu belakang hingga lekuk bodi yang menyasar aerodinamis kendaraan juga mirip dengan motor terkencang Yamaha tersebut.

R7 2021 memiliki sistem kaki-kaki yang kokoh karena menggunakan suspensi USD (Upside Down) dan kaliper rem Brembo yang mumpuni. Kombinasi tersebut membuat motor lebih stabil untuk bermanuver khususnya saat kecepatan tinggi.

Sentuhan yang tidak kalah penting pada Yamaha R7 2021 adalah sistem bantuan pada transmisi yang dinamakan assist & slipper clutch. Peranti ini diklaim mampu membuat proses perpindahan gigi lebih mudah dan enteng bagi pengendara.
Yamaha R7 2021

Pihak Yamaha sendiri mengklaim bahwa mereka membuat sistem transmisi ini 33 persen lebih enteng daripada produk standarnya. Konsumen akan lebih merasa nyaman saat berakselerasi maupun deselerasi.

Yamaha YZF-R7 2021 dipasarkan dengan harga Rp 128 jutaan dan baru tersedia di dealer-dealer di Inggris pada Oktober 2021. [Dew/Had]

Tag Terkait


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar