Yamaha Jual Motor Listrik yang Bisa Diaplikasi di Mobil Sport hingga Skutik

Berita Otomotif

Yamaha Jual Motor Listrik yang Bisa Diaplikasi di Mobil Sport hingga Skutik

SHIZUOKA - Yamaha baru saja membuka pesanan untuk motor listrik serbaguna yang bisa diaplikasikan di mobil hingga skutik, angin segar para modifikator jika ingin berkreasi membuat kendaraan listrik (EV)

Motor listrik inovatif ini disebutkan Yamaha dirancang untuk sejumlah aplikasi berbeda. Secara resmi dikenal sebagai prototipe motor listrik yang berkinerja tinggi.

Yamaha sendiri menerapkan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM), tak lain adalah menanamkan magnet permanen di rotor baja. Keunggulannya adalah mampu menciptakan medan magnet secara konstan, tentunya akan menghasilkan output tenaga cukup besar. 

Motor listrik ini sendiri diklaim Yamaha mampu menghasilkan tenaga 200 kW atau setara 270 hp dengan baik. Artinya cocok untuk digunakan pada mobil sport kompak.

Untuk membuktikan hal tersebut, Yamaha menampilkan video di mana motor listrik kembangannya diinstal di Alfa Romeo 4C. Motor listrik sendiri mampu menjadikan 4C bisa berakselerasi cepat dan nyaris tanpa suara.

Sayangnya pada kesempatan ini Yamaha tidak menjelaskan secara rinci soal paket baterai yang digunakan pada proyek ini.

Selain itu, Yamaha mengatakan bahwa motor listrik ini dapat disetel keluaran tenaga dan torsinya hingga terkecil 45 hp. Penyesuaian ini tentunya tergantung dari aplikasinya, pada output rendah cocok digunakan di skutik.

Dengan fleksibelitas ini, Yamaha tampak fokus untuk menembak target pasar dari dagangan barunya. Cocok bagi konsumen secara individu yang ingin melakukan modifikasi mobil atau motor konvensionalnya menjadi kendaraan listrik.

"Yamaha akan menyesuaikan prototipe dengan kebutuhan spesifik pelanggan individu dan memberikan dalam waktu singkat. Kami menggunakan teknologi produksi yang secara fleksibel disesuaikan dengan berbagai kelompok produknya, termasuk sepedamotor," jelas pihak Yamaha.

Sayangnya, sampai berita ini diturunkan, meski sudah membuka pesanan, Yamaha belum mengungkap berapa harga jualnya. Jika banderolnya menarik, rasanya banyak konsumen individu yang tergoda untuk melakukan modfikasi, hijrah mengganti mesin konvensinalnya dengan motor listrik. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support