Yamaha Gandeng Mitsubishi untuk Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

Berita Otomotif

Yamaha Gandeng Mitsubishi untuk Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

JAKARTA – Perkembangan motor listrik di Indonesia semakin pesat, terbukti dengan mulai dilakukannya uji coba motor listrik oleh beberapa brand motor ternama. PT Yamaha Indonesia Motor Mfg adalah salah satunya.

Dalam uji cobanya, Yamaha menggunakan motor listrik E-Vino dan melibatkan empat institusi di antaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD.

Total ada 10 unit motor listrik Yamaha E-Vino dalam tahap uji coba ini, sebanyak tujuh di antaranya akan digunakan sebagai transportasi di kawasan internal masing-masing institusi.

“Kami atas nama Kemenperin mengatakan selamat kepada Yamaha atas perkenalan secara resmi motor listrik Yamaha di Indonesia. Dan seperti kita ketahui, motor di Indonesia masih menggunakan tekbologi internal combustion engine. Dengan adanya rencana dari Yamaha untuk masuk ke segmen kendaraan listrik ini merupakan suatu hal yang perlu diapresiasi bersama.” ungkap I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika.

Yamaha sendiri bukan pemain baru di segmen kendaraan listrik. Sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri dimulai pada 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicyclepertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System).

Penjualan Yamaha PAS di pasar global mencapai lebih dari 4 juta unit, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yamaha pertama kali mengenalkan sepedamotor listrik di 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut–turut mengenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

“Market Trial” motor listrik yang dilakukan YIMM ini adalah bentuk dukungan Yamaha kepada pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. [Ikh]



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support