Yamaha Dihukum Pengurangan 50 Poin Gara-gara Modifikasi Ilegal

Berita Otomotif

Yamaha Dihukum Pengurangan 50 Poin Gara-gara Modifikasi Ilegal

VALENCIA – Yamaha mendapat hukuman pengurangan 50 poin di klasemen konstruktor karena terbukti melakukan modifikasi mesin secara ilegal.

Jelang MotoGP Eropa di Valencia, FIM mengumumkan bahwa tim Petronas Yamaha dan Monster Energy Yamaha terbukti melakukan aksi ilegal. Atas dasar itu, tim Petronas Yamaha yang digawangi oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli mendapat sanksi pengurangan 37 poin. Sementara tim pabrikan mendapat pengurangan 20 poin di kejuaraan dunia konstruktor MotoGP 2020.

Yamaha di awal musim mengalami kerusakan pada mesinnya. Lalu pada seri kedua yang berlangsung di sirkuit Jerez, tiga pembalap Yamaha naik podium. Tidak ada yang mengira bahwa Takahiro Sumi selaku project manager Yamaha melakukan upaya modifikasi terlarang.

Pada mesin yang rusak tersebut, Yamaha menjejalkan valve atau klep baru. Sayangnya aksi tersebut tidak didiskusikan terlebih dahulu dengan Danny Aldridge selaku Technical Director MotoGP. Setelah dilakukan investigasi, Yamaha terbukti melakukan modifikasi ilegal dan harus menelan pil pahit pengurangan poin.

“Karena pengawasan internal, Yamaha Motor Company gagal mematuhi protokol yang mengharuskan mereka mendapatkan persetujuan dengan suara bulat dari MSMA (Asosiasi Tim Pabrikan MotoGP) untuk melakukan perubahan teknis,” tulis pernyataan yang ditulis di laman resminya.
Petronas Yamaha
Untuk diketahui, setiap pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, harus melakukan homologasi terkait spesifikasi kendaraan. Jika ada yang melakukan ubahan yang tidak sesuai dengan saat pendaftaran, maka dipastikan hal tersebut adalah tindakan ilegal.

Dengan hukuman tersebut, Yamaha kini berada di posisi ketiga di klasemen konstruktor dengan perolehan 158 poin. Tim pabrikan kini berada di posisi kelima dan Petronas semakin jauh dari tim Suzuki Ecstar.

Beruntung sanksi yang diberikan FIM MotoGP tidak berlaku untuk poin para pembalap. Karena tiga pembalap mereka saat ini tengah bertarung dalam perebutan gelar juara dunia musim ini. Fabio Quartararo berada di posisi kedua dengan raihan 123 poin.

Sementara Maverick Vinales telah mengumpulkan 118 poin. Lalu Franco Morbidelli berada di posisi keempat dengan total 112 poin. Ketiga pembalap Yamaha tersebut berada di bawah Joan Mir yang membesut Suzuki GSX-RR tanpa sekalipun meraih kemenangan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar