Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT 2021 Dibuka Selubungnya

Berita Otomotif

Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT 2021 Dibuka Selubungnya

SCHIPHOL – Yamaha memberikan sentuhan magisnya pada Yamaha Tracer 9 2021 dan Yamaha Tracer 9 GT 2021, sehingga dua motor ini mampu melaju lebih kencang dan nyaman.

Dibandingkan dengan produk sebelumnya, Yamaha Tracer 9 2021 dan Yamaha Tracer 9 GT 2021 berubah total. Pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut, setidaknya memberikan sentuhan pada mesin, rangka, swingarm, perangkat elektronik dan tampilan tentunya.

Mesin

Untuk urusan satu ini, Yamaha Eropa fokus untuk menerapkan standar emisi EURO5. Namun tidak hanya memiliki emisi gas buang yang lebih bersih, Yamaha juga menjejali motor dengan tenaga yang meningkat tipis.

Dengan mesin baru, Yamaha Tracer 9 2021 dan Yamaha Tracer 9 GT 2021 dikatakan mampu melecutkan daya lebih besar 4 persen. Tenaga maksimal yang dihasilkan kini menjadi 117 hp dari sebelumnya 113 hp. Hasil ini didapatkan dari stroke yang lebih panjang 3 mm pada mesin model CP3. Hal ini membuat mesin memiliki kapasitasnya bertambah 43 cc lebih besar.
Yamaha Tracer 9

Mesin baru Yamaha Tracer 9 dan 9 GT dikatakan saat ini lebih ringan bobotnya. Sehingga mesin tersebut mampu melecutkan tenaga lebih besar, torsi melimpah dan bisa diandalkan dalam urusan membawa barang-barang keperluan turing. Berikut ini kunci ubahannya.

  • Mesin baru 890 cc segaris 3-silinder 4-valve DOHC liquid-cooled EURO5
  • Bobot lebih ringan dan tenaga lebih besar di semua rpm
  • Kenaikan daya maksimum sebesar 7 persen
  • Tenaga maksimal motor meningkat 3.9 hp

Chassis

Yamaha Tracer 9 dan 9 GT menggunakan rangka model Deltabox yang diklaim lebih ringan dan kuat. Tidak hanya itu, dimensi motor juga dikatakan lebih kompak sehingga konsumen lebih leluasa dalam bermanuver dengan kendaraan ini.

Rangka baru motor ini dipadukan dengan swingarm model baru yang mengadopsi mounting pivot. Dikatakan bahwa motor ini diameternya lebih panjang 60 mm dari MT-09. Sementara wheelbase kendaraan menjadi 1.500 mm. Berikut ini kunci ubahan pada motor petualang baru Yamaha.

  • Rangka Deltabox berbahan alumunium membuat bobot motor lebih ringan namun tetap kuat
  • Bobot motor secara keseluruhan berkurang 2 kilogram
  • Desain baru swingarm berbahan alumunium
  • Suspensi depan KYB model USD 41 mm yang bisa diatur sepenuhnya
  • Suspensi belakang KYB yang bisa diseting dengan pilihan lebih lengkap

Fitur

Yamaha secara tersirat memberikan identitas baru pada produk-produk motor besarnya. Hal ini terlihat pada lampu model LED yang tersembunyi letaknya. Tracer 9 dan 9 GT dijejalkan sistem elektronik seperti MT-09 yang belum lama ini diluncurkan.

Sistem canggih tersebut mampu mengatur ABS, traction control, slide control, wheelie control dan brake control termasuk cornering ABS. Motor ini juga dilengkapi dengan empat mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan medan jalan seperti hujan hingga penggunaan lebih kencang.
Yamaha Tracer

Sebagai sebuah motor petualang yang tangguh, Tracer 9 dan 9 GT kini mampu berjalan otomatis menggunakan cruise control. Fitur tersebut aktif saat kendaraan menempuh kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Guna menghasilkan tenaga yang lebih besar, Yamaha tidak hanya fokus pada mesin. Namun manufaktur asal Jepang ini mengurangi bobot berlebih pada kendaraan. Salah satunya adalah rumah roda atau biasa disebut velg. Komponen ini dikatakan lebih ringan dari semua velg yang pernah digunakan Yamaha pada produk-produknya.

  • Full LED dan Tracer signature pada lampu belakang
  • Assist & Slipper Clutch terbaru
  • 6-axis IMU yang pertama pada model sport touring Yamaha
  • TCS, SCS dan Lift dengan tiga mode yang bisa mengintervensi pengendara
  • ABS dan Brake Control (BC)
  • D-Mode
  • Rumah roda lebih ringan

Body

Sebagian besar bentuk motor ini berubah dari edisi sebelumnya. Meskipun tidak terlalu mencolok, paling tidak dimensi motor berkurang menjadi lebih ramping. Bagian paling menariknya adalah monitor panel meter berdimensi 3.5 inci TFT yang terbagi dalam dua bagian.

Layar tersebut mampu menampilkan infomasi seputar kendaraan khususnya kecepatan, posisi gear, mode berkendara dan masih banyak lagi. Pada varian 9 GT terdapat dua box yang mampu menampung dua helm full-face.
Yamaha Tracer 9

Pada versi 9 GT juga terdapat suspensi KYB semi-active yang dapat diatur oleh IMU system. Selain itu adapula sistem quickshifter dan heated grip yang memberikan kenyamanan lebih saat bepergian jarak jauh.

Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT baru akan hadir di dealer-dealer Yamaha Eropa pada Maret 2021. Hingga saat ini Yamaha belum mengumumkan harga dari kedua produk terbarunya tersebut. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar