Yamaha Hadapi Masalah Besar di MotoGP Austria 2020

Berita Otomotif

Yamaha Hadapi Masalah Besar di MotoGP Austria 2020

SPIELBERG – Para pengguna Yamaha diprediksi akan mengalami kesulitan menjalani balapan di MotoGP Austria 2020 akhir pekan ini.

Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria dikenal memiliki trek lurus yang panjang. Namun juga terdapat beberapa sudut tikungan yang tajam, sehingga para pembalap harus mengerem dengan kuat lalu kembali tancap gas.

Sebagai catatan tahun lalu, para pembalap Yamaha dikalahkan oleh pembalap Honda (Marc Marquez) dan Ducati (Andrea Dovizioso). Penunggang motor berlambang Garpu Tala yang paling bisa mengimbangi hanyalah Fabio Quartararo yang finish ketiga dengan selisih waktu 6 detik.

“Banyak tikungan yang membuat para pembalap harus mengerem ekstra kuat dan kemudian berakselerasi kembali. Ini akan membuat ban terdegradasi dan tidak terkontrol,” ucap Quartararo seperti dikutip Speedweek.com.
Yamaha Bakal Kesulitan

Maverick Vinales datang ke Spielberg dengan perasaan tidak menentu. Selain Ia gagal naik podium pada tahun lalu di sirkuit yang sama, Vinales juga dikalahkan rekan satu timnya yakni Valentino Rossi.

“Saya tidak mendapat perasaan terbaik di sini. Namun apa yang akan terjadi saat ini tidak akan terpengaruhi. Karena kami melakukan pekerjaan dengan baik pada tahun lalu,” jelas Vinales.

Seperti biasa, Rossi yang selalu memberikan komentar diplomatis menyatakan harapan positifnya. Menurut sang juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut, balapan di Austria akan lebih adem daripada tiga seri sebelumnya. Cuaca yang lebih baik tersebut dikatakan memberikan keuntungan bagi para penunggang Yamaha.
Yamaha Bakal Kesulitan

Lain lagi pendapat boss tim Yamaha yakni Massimo Meregalli. Ia mengatakan bahwa sirkuit Red Bull Ring merupakan tantangan besar bagi para pembalapnya. Seperti disebutkan di atas, trek lurus yang panjang akan menyulitkan. Ducati unggul tahun lalu karena motornya memiliki tenaga mesin paling besar.

“Tim kami sangat menyukai Spielberg karena tempatnya bagus. Tapi dari dulu trek ini tidak mudah bagi kami. Karena desainnya sangat mengandalkan kecepatan yang merupakan bukan keunggulan kami. Kami akan membangun motor berdasarkan performa tahun lalu,” jelas Meregalli.

Lebih jauh, meskipun Yamaha diyakini akan kesulitan di Spielberg. Namun para pesaingnya tahun lalu hingga seri ketiga MotoGP belum mendapatkan performa terbaik. Bahkan Marquez yang selalu mendominasi balapan beberapa tahun terakhir, dinyatakan masih absen. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar