Yamaha Aerox Andalkan Teknologi VVA dan SMG

Berita Otomotif

Yamaha Aerox Andalkan Teknologi VVA dan SMG

SUKABUMI - Yamaha mengenalkan motor-motor baru disertai teknologi disertai teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan Smart Motor Generator (SMG).

Sistem VVA ini baru hadir di dua produk terbaru yaitu Yamaha N-Max dan Aerox 155, sementara SMG baru tersedia di sepedamotor Aerox 155. Untuk diketahui. prinsip kerja VVA mirip VTEC di mobil Honda dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) di mobil Toyota.

Variable Valve Actuation merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve). Fungsinya untuk mengatur bukaan valve yang bertujuan untuk menyesuaikan suplai BBM ke dalam ruang bakar.

"Jadi bahan bakar yang keluar bisa disesuaikan. Saat jalan pelan valve-nya akan terbuka kecil, bahan bakar yang keluar juga sedikit. Sebaliknya pas motor bergerak cepat, akan otomatis membuka lebih besar, semprotan bahan bakar lebih banyak," kata Slamet, Team Technical produk terbaru Yamaha di Sukabumi akhir pekan lalu.

Besar kemungkinan VVA akan tersimpan pada sepedamotor sport atau bebek sport Yamaha mengingat teknologi ini sangat cerdas untuk meningkatkan performa mesin namun tetap efisien dan ramah lingkungan.

Untuk Smart Motor Generator (SMG). Hadirnya teknologi ini menggantikan fungsi dari motor stater. Jadi kerja motor stater untuk menggerakkan crankshaft pada umumnya mesin motor diganti dengan benda tersebut.

Kerja Smart Motor Generator lebih halus ketimbang motor stater ketika menggerakkan crankshaft. Dan setelah mesin menyala, perangkat ini menjadi generator untuk mengisi baterai. Dengan perangkat ini, motor starter konvensional tidak digunakan lagi.

SMG bersinergi dengan fitur SSS (Stop & Start System). Teknologi ini sendiri bukan hal baru di roda dua, merek pesaing terbukti sukses menggunakan teknologi tersebut, namun dengan setingan berbeda.

Sistem kerja pada Aerox akan aktif ketika motor bergerak selama 10 menit pertama untuk menghindari penggunaan baterai berlebihan terutama saat terjebak macet dan fitur ini bisa dinonaktifkan ketika tidak dibutuhkan. Keunggulan SMG lain memungkinkan perawatan motor jauh lebih mudah di samping biaya produksinya yang lebih murah. [Ikh/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support