Xpander AP4 Menang Lawan Evo X Tapi Sempat Kalah Dari Etios

Berita Otomotif

Xpander AP4 Menang Lawan Evo X Tapi Sempat Kalah Dari Etios

JAKARTA – Mitsubishi Xpander mengawali kiprahnya sebagai mobil reli di Indonesia dengan memenangkan balapan pertamanya.

Low MPV yang dirombak menjadi mobil reli ini ikut serta dalam kejuaraan Meikarta Sprint Rally 2020. Pada balapan yang digelar akhir pekan kemarin, Xpander AP4 besutan pembalap kawakan Rifat Sungkar dan M Redwan berhasil memenangkan balapan dengan total catatan waktu 12 menit 23.7 detik. Mobil yang digas oleh Rifat ini juga menjadi juara umum pada event di kawasan perumahan.

Menariknya, Xpander AP4 berhasil mengalahkan mobil reli asli seperti Subaru Impreza dan Mitsubishi Evolution X. Sebagai kendaraan yang dilahirkan berwujud Low MPV, ini merupakan pencapaian positif dan prestasi membanggakan.

“Meski bukan Kejuaraan Nasional, lintasan di Meikarta cukup unik dan menarik karena terdiri dari dua macam lintasan gravel dan aspal. Untuk menghadapi tantangan yang ada, performa mobil dan perelinya benar-benar harus prima. Ini event pembuktian bagi Xpander Rally Team (XRT), oleh karena itu kami sangat serius dalam menghadapinya,” ucap Julian Johan, Manajer tim XRT sebelum acara.

Xpander AP4 merupakan kendaraan keluarga yang diriset langsung oleh pihak Ralliart di Selandia Baru. Jelang event di Cikarang, Jawa Barat kemarin, tim XRT dikatakan melakukan komunikasi yang cukup intens. Hal ini guna mempelajari setiap kemungkinan yang akan terjadi pada saat balapan berlangsung.
Xpander AP4 Kalahkan Evo
Rifat sendiri merasa bangga bisa ikut serta pada balapan kali ini. Selain bisa membuktikan kemampuan Xpander AP4 racikan Eropa, Ia juga senang akhirnya bisa turun gelanggang kembali di masa pandemi.

“Event yang ditunggu-tunggu insan motorsport roda empat di Tanah Air sepanjang 2020 akhirnya terlaksana juga. Event ini banyak keunikannya, pertama karena covid semua pembalap diperiksa secara ketat. Lalu ada tiga jenis motorsport yang dilombakan yakni Sprint Rally, Drifting, dan Slalom,” ucap Rifat pra lomba.

Namun dari semua prestasi Xpander AP4 di kejuaraan akhir pekan lalu tersebut di atas, ada fakta menarik yang tidak terduga. Xpander AP4 yang bersaing di kelas M1, catatan waktunya sempat kalah dengan Anjasara Wahyu yang membesut Toyota Etios di kelas F1.

Pada SS1, SS2 dan SS3 yang digelar Sabtu 31 Oktober 2020, catatan waktu Anjasara dari tim Yogyakarta Rally Community lebih cepat 2 detik dari Rifat. Meskipun pada SS4 dan SS5 yang diselenggarakan pada Minggu keesokan harinya, Xpander AP4 mampu tampil lebih baik. Secara keseluruhan Xpander AP4 catatan waktunya lebih baik dari Anjasara.

Balapan yang digelar selama dua hari tersebut sempat diwarnai turunnya hujan pada Minggu. Hal ini membuat trek menjadi licin dan mobil susah untuk dikendalikan. Terlebih Xpander AP4 besutan Rifat merupakan kendaraan berpenggerak empat-roda. 

"Mobil-mobil di kelas M1 atau penggerak roda empat, start setelah mobil-mobil berpenggerak roda dua. Sayangnya, di satu SS terakhir hujan lebat turun sesaat sebelum kelas M1 dilepas. Akibatnya bagian trek tanah menjadi sangat licin. Agak sulit untuk meraih waktu yang bagus seperti sebelum hujan lebat turun,” tutur Rifat. [Dew/Ari]

Berikut hasil Meikarta Sprint Rally 2020
Xpander AP4 Result M1

Xpander AP4 Result F1



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar