Xpander 4 Kali Naik Harga, Mitsubishi Tetap Percaya Diri

Berita Otomotif

Xpander 4 Kali Naik Harga, Mitsubishi Tetap Percaya Diri

SERANG – Mitsubishi Xpander lagi-lagi bakal naik harga pada Agustus mendatang. Mitsubishi sendiri mengklaim tetap percaya diri pasar tidak akan ‘pindah ke lain hati’ karena kebijakan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi mengumumkan kenaikan harga Xpander sebesar Rp 2 juta dan Pajero Sport Rp 5 juta mulai 1 Agustus. Kenaikan itu dilakukan gara-gara kurs rupiah yang pada akhir 2017 masih Rp 13.500 per dollar AS kini sudah berada di atas Rp 14.000 per dollar AS.

Ini akan menjadi kenaikan harga keempat Xpander sepanjang 2018. Tiga kenaikan sebelumnya dengan total nominal Rp 8 juta telah dilakukan sepanjang semester satu dengan berbagai alasan, di antaranya adalah kenaikan Bea Balik Nama (BBN) serta pencabutan subsidi BBN bagi konsumen.

Irwan Kuncoro, Director Sales and Marketing Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan pihaknya sudah memperhitungkan segala aspek mengenai kenaikan harga Xpander bulan depan. Kebijakan ini sendiri menurutnya tak bisa dihindari karena kurs tak kunjung membaik.

Ia meyakini low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut masih kompetitif di antara para kompetitor. Sebagai informasi, di segmen LMPV terdapat model-model terfavorit masyarakat seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, atau Wuling Confero.

“Pasti kami juga melihat dari sisi konsumen, juga dari sisi kompetisi. Harga harus tetap kompetitif, harus tetap terjangkau. Semua pasti kami perhatikan,” jelas Irwan usai peresemian dealer kendaraan penumpang dan kendaraan niaga Mitsubishi ke-118 di Indonesia pada awal pekan ini di Serang, Banten.

Perbandingan dengan Kompetitor
Jika kenaikan harga Xpander per Agustus tepat Rp 2 juta, kisaran harga on-the-road Jakarta Xpander berarti bakal menjadi Rp 199,1 – 255,4 juta. Pasalnya, banderol Xpander saat ini adalah Rp 197,1 – 253,4 juta.

Sebagai perbandingan, harga on-the-road Jakarta Toyota Avanza, menurut situs resmi Toyota Indonesia, dimulai dari Rp 190,95 – 239, 3 juta. Xenia dijual mulai Rp 181,45 – 215, 1 juta.

Sementara Suzuki Ertiga dibanderol dari Rp 193 – 238,5 juta dan Honda Mobilio dipasarkan dengan kisaran Rp 193 – 247 juta. Serta satu pemain lainnya Wuling Confero, memiliki harga jual Rp 134, 8 – 171,9 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual