Xiaomi Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik, di Indonesia atau di China?

Berita Otomotif

Xiaomi Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik, di Indonesia atau di China?

SHANGHAI – Korporasi pembuat smartphone (gawai pintar) Xiaomi ingin membangun pabrik mobil listrik berkapasitas produksi amat besar.

Ada kabar baru lagi terkait rencana Xiaomi menggarap pasar mobil listrik. Tak main-main, menurut salah satu otoritas pemerintahan kepada Reuters, korporasi tersebut sedang bersiap membangun pabrik perakitan dengan kapasitas yang mencapai hingga 300 ribu unit per tahun.

Sayang, lokasinya nanti bukan di Indonesia, meski Presiden Joko Widodo dan para menterinya kini sedang gencar mengundang investasi yang berhubungan dengan kendaraan listrik dengan iming-iming berbagai insentif.

Xiaomi berniat membangun pabrik mobil listrik mereka di ‘rumah’ sendiri, tepatnya di Ibu Kota Beijing.

CEO Xiaomi Lei Jun

Pembangunan pabrik akan dilakukan dalam dua fase, menurut keterangan dari Beijing E-Town—agensi pengembangan ekonomi yang disokong pemerintah—dalam akun WeChat resmi mereka.

Xiaomi juga akan mendirikan kantor pusat dari divisi otomotif maupun markas dari riset dan pengembangan mereka di Beijing Economic and Technological Development Zone.

Pabrik mobil listrik itu diekspektasikan mulai berproduksi massal pada 2024. Pasalnya, Chief Executive Officer Xiaomi Lei Jun pada Oktober kemarin sempat mengatakan target melakukan perakitan sendiri pada tahun tersebut.

Xiaomi sangat ambisius dalam proyek mobil listrik mereka dan siap menggelontorkan modal besar. Pada Maret 2021, pesaing Apple dan Samsung ini mengumumkan komitmen investasi 10 miliar dollar AS untuk divisi mobil listrik mereka dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

Registrasi dan segala urusan legal menyangkut divisi mobil listrik Xiaomi telah diselesaikan pada Agustus 2021.

Mereka juga melakukan perekrutan 500 insinyur di bidang mobil listrik dan mobil otonom. Bidang ilmu yang Xiaomi cari adalah algoritma proses pencitraan gelombang millimeter, pemetaan presisi tinggi, pembelajaran imitasi (imitation learning), pembelajaran struktural mendalam (deep learning).

Xiaomi Redmi Car

Sebelum ini, Xiaomi sebenarnya sudah menjual mobil bermesin konvensional di pasar China dengan nama Redmi Car. Akan tetapi, mobil tersebut hanyalah versi ganti logo alias rebadge dari Bestune T77 yang merupakan SUV milik sebuah pabrikan otomotif ‘Negeri Tirai Bambu’. [XanSes]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar