Wuling Victory, Calon Lawan Toyota Kijang Innova Kini Mulai Diproduksi

Berita Otomotif

Wuling Victory, Calon Lawan Toyota Kijang Innova Kini Mulai Diproduksi

BEIJING – Wuling Victory, multi purpose vehicle (MPV) yang sekelas dengan Toyota Kijang Innova, mulai diproduksi massal menjelang peluncurannya.

Perakitan massal dari MPV medium tersebut, seperti dilaporkan GM Authority baru-baru ini, berlangsung sejak 2 September 2020 kemarin. Debut perdana dunianya telah berlangsung di Chengdu Motor Show 24 Juli – 2 Agustus kemarin, sedangkan peluncuran dan penjualannya dimulai per Selasa (7/9/2020) di China.

Victory juga sudah menggunakan desain logo baru dari Wuling yang berwarna perak alih-alih merah dan merupakan salah satu model untuk pasar global. Belum terkonfirmasi, apakah model ini bakal hadir di Indonesia untuk menantang Kijang Innova serta kapan waktunya, mengingat MPV adalah segmen terfavorit di Tanah Air.

GM Authority hanya menyebut bahwa ‘tak lama setelah China, Wuling akan memulai peluncuran di pasar internasional secara bertahap’. Adapun region-region yang menjadi incaran antara lain adalah Asia Tenggara, Amerika Latin, Timur Tengah.

Di ‘Negeri Tirai Bambu’ Victory berkapasitas enam penumpang. Baris kedua menggunakan jok model Captain Seat yang individual.

Interiornya tampak mewah dengan balutan material kulit di sana-sini plus keberadaan Panoramic Sunroof dengan besar yang cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, dimesin Sunroofnya adalah 1.365 mm x 870 mm.

Ada pula layar sentuh Ultra-Definition yang berukuran besar. Cara peletakan layarnya di bagian tengah dasbor memberikan kesan mengambang (floating head unit). Di tengah ancaman pandemi virus Corona, Wuling meletakkan fitur Filter Virus PM 2.5.

Kenyamanan penumpang makin ditingkatkan dengan penggunaan lapisan kedap suara di berbagai bagian plus kaca kedap suara setebal 4 mm. Aspek keselamatan sangat diperhatikan lewat beragam fitur. Ini sebagian di antaranya:

  • Electronic Stability Program (ESP) 9.3 dari BOSCH
  • Advanced driver assistance system (ADAS)
  • Adaptive cruise control (ACC)
  • Automatic emergency braking (AEB)
  • Enam kantong udara (tirai samping dan depan)
  • Empat kamera eksterior menyajikan pemandangan secara komprehensif dengan menghilangkan sejumlah blindspot

Sebagai salah satu produk yang diandalkan untuk mempenetrasi pasar global, kualitas perakitan Victory amat diperhatikan mulai dari stamping sampai unit keluar lajur produksi. Setiap unit Victory bakal menjalani total 510 poin inspeksi kualitas di antaranya penyelesaian, ‘rasa’, performa kelistrikan, sampai pengujian di kondisi hujan.

Disebutkan bahwa kebanyakan kendaraan hanya menjalani 200 poin inspeksi kualitas saja. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar