Wuling Siapkan Rp 9 Triliun untuk Kembangkan Dealer Hingga Produk

Berita Otomotif

Wuling Siapkan Rp 9 Triliun untuk Kembangkan Dealer Hingga Produk

JAKARTA – Wuling menyiapkan investasi baru bernilai triliunan rupiah untuk  pengembangan dealer, komponen, produk, hingga ekspor di masa mendatang.

Kabar tersebut pertama kali disuarakan oleh Kementerian Perindustrian pada akhir 2018. Disebutkan bahwa agen tunggal pemegang merek Wuling di Indonesia mendapat guyuran dana dengan total nilai sekitar Rp 9 triliun dari kantor pusat mereka di 'Negeri Tirai Bambu' untuk pembangunan fasilitas riset dan pengembangan (R&D Center).

Eksekutif PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia tak membantah hal tersebut, ketika dimintai tanggapan. Agak berlainan dengan keterangan Kemenperin, eksekutif tersebut mengatakan kucuran modal baru senilai sekitar Rp 9 triliun ini akan digunakan untuk empat aspek. Tidak dijelaskan untuk berapa lama investasi sebesar ini dianggarkan.

“Pertama adalah untuk pengembangan dealer karena kami juga butuh investasi di sektor ini. kedua untuk pengembangan pemasok komponen kami. Ketiga adalah untuk pengembangan produk kami sendiri di Indonesia. Semakin banyak produk meluncur, pasti semakin banyak yang harus kami keluarkan. Keempat ialah ekspor. Nanti kami juga bakal ekspor,” tandas Cindy Cai, Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing Wuling Motors menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela acara Temu Awal Tahun dengan Media Massa, pekan lalu di Sentul, Bogor.

Sebagai informasi, Wuling hadir di Indonesia dengan membangun pabrik berkapasitas produksi 120 ribu unit kendaraan per tahun dengan nilai investasi 700 juta dollar AS atau lebih dari Rp 9 triliun. Pabrik dibangun selama dua tahun, dari 2015 hingga 2017.

Hingga kini, Wuling sudah memiliki tiga multi purpose vehicle (MPV) di pasar yaitu Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter. Pada 2018, penjualan Wuling mencapai 17.002 unit, naik 236,67  persen dibandingkan pada 2017 yang berjumlah 5.050 unit, dan mempunyai 91 dealer di seluruh Nusantara. Pada 2019, mereka menargetkan punya 120 dealer.

Wuling tahun lalu juga masuk 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia. Pada kuartal satu tahun ini Wuling bersiap meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Almaz. Ada pula informasi mengenai Wuling Cortez 1.5-liter CVT, namun belum terkonfirmasi oleh Wuling.

Lebih lanjut, Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Indonesia, menjelaskan bahwa pada tahun ini fokus investasi Wuling baru untuk pengembangan dealer, komponen, serta produk. Dia tidak menjelaskan berapa nilai investasi untuk 2019.

“Yang pasti tiap tahun akan ada investasi baru,” tegasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar