Wuling Confero dan Cortez Sama-Sama Laris

Berita Otomotif

Wuling Confero dan Cortez Sama-Sama Laris

JAKARTA – Wuling Confero dan Cortez berkontribusi hampir seimbang terhadap penjualan pabrikan asal Cina ini di empat bulan pertama 2018.

Wuling memulai petualangannya di pasar dengan meluncurkan Confero pada Agustus 2017. Multi purpose vehicle (MPV) yang sekelas dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander pun berhasil terdistribusikan sebanyak 5.050 unit di periode Juli-Desember tahun lalu.

Wuling, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kemudian berhasil menyuplai 5.216 unit kendaraan ke pasar pada Januari-April 2018 berbekal Confero dan satu model tambahan yakni MPV Cortez. Capaian Wuling di empat bulan sudah melampaui penjualan 2017.

Pencapaian Wuling pada Januari hingga April sendiri mayoritas disumbangkan oleh Confero. MPV bermesin 1.5-liter itu berkontribusi 2.833 unit atau 54,31 persen di antaranya.

Model kedua Wuling yang meluncur Februari kemarin, Cortez, menyumbangkan 2.383 unit sisanya. Dengan demikian, MPV bermesin 1.8-liter tersebut berkontribusi 45,69 persen dari total pencapaian Wuling sejauh ini.

Penjualan Wuling di empat bulan pertama tahun ini belum termasuk Cortez 1.5-liter yang baru saja diluncurkan pada 19 April dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran. Ini karena pengirimannya kepada konsumen baru akan dilakukan per Juni nanti.

Pabrikan yang bermarkas di Liuzhuo itu menargetkan penjualan 30 ribu unit hingga akhir 2018. Hanya saja, tidak disebutkan berapa komposisi bagi masing-masing model mereka.

Serangan produk Wuling di Indonesia tahun ini hampir pasti belum berakhir. Pasalnya, masih ada satu MPV lagi yakni Confero 1.2-iter yang rencananya diluncurkan penghujung tahun nanti atau awal tahun depan.

Wuling hadir di Indonesia dengan membawa investasi 700 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 9,8 triliun dengan kurs saat ini untuk membangun pabrik. Fasilitas yang berlokasi di Cikarang, Bekasi tersebut resmi beroperasi pada Juli 2017 dengan kapasitas produksi terpasang 120 ribu unit per tahun.

Dengan luas lahan 60 hektare, korporasi milik pemerintah daerah Cina ini juga membangun Supplier Park di pabrik mereka. Ini merupakan strategi mereka demi memastikan kemudahan rantai pasok komponen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual