Wuling Klaim Masih Fokus di MPV dan SUV

Berita Otomotif

Wuling Klaim Masih Fokus di MPV dan SUV

JAKARTA - Wuling mengaku fokus bermain di segmen multi murpose vehicle (MPV) serta sport utility vehicle (SUV) pada tahun ini dan belum akan merilis kendaraan di segmen lain. Untuk tahun depan pun diklaim demikian, meski ada embel-embel 'akan melihatnya lagi'.

Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, menjelaskan pada sisa tahun ini mereka masih akan fokus di dua segmen. Keduanya adalah MPV plus SUV.

“Kalau (meluncurkan produk) selain MPV dan SUV rasanya enggak untuk tahun ini,” ucapnya meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam media gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Seperti diketahui, saat ini Wuling memiliki empat model di Indonesia. Tiga di antaranya merupakan MPV dari rentang harga Rp 100 juta-an sampai 200 juta-an yaitu Confero, Cortez, serta Formo.

Satu sisanya adalah SUV yakni Almaz. SUV perdana Wuling di Tanah Air bermesin 1.5-liter turbo ini berbanderol Rp 318,8 juta on-the-road Jakarta untuk satu varian bertransmisi otomatis CVT.

“Untuk tahun depan rasanya juga belum, ya. Tapi kita lihat lagi,” ujar Dian dengan penekanan pada kata ‘rasanya’.

Wuling sendiri dikenal cukup baik menyimpan informasi mengenai rencana peluncuran. Seperti misalnya rencana mereka meluncurkan Cortez bermesin 1.5-liter turbo dan Confero bertransmisi semiotomatis yang baru tercium oleh media massa tak berapa lama menjelang peluncuran.

Merek mobil asal China ini juga sangat agresif dalam melengkapi lini produk mereka, khususnya di segmen MPV sejak model perdana mereka yakni Confero mengaspal secara resmi pada 2 Agustus 2017. Tak sampai dua tahun, tiga model lain dilepas ke pasar, beserta dengan varian-varian barunya.

Di samping itu, kompatriot Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia ini juga trengginas membangun jaringan penjualan serta purnajual. Pada akhir 2018, Wuling sudah mempunyai 91 dealer dan pada penghujung tahun ini mereka ingin meningkatkannya lagi hingga 120 dealer.

Ekspansi lini produk serta jaringan agresif, ditambah dengan strategi pemosisian harga cukup jauh di bawah kompetitor membuat penjualan Wuling bergerak cepat pula. Sejak Agustus 2017 sampai April 2019, mereka sudah mendistribusikan lebih dari 27 ribu unit kendaraan di pasar Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support