Honda: Pembeli Wuling Baojun 530 Berbeda dengan CR-V

Berita Otomotif

Honda: Pembeli Wuling Baojun 530 Berbeda dengan CR-V

JAKARTA – Wuling Baojun 530 dinilai oleh Honda tak akan ancam ruang gerak sport utility vehicle (SUV) mereka, CR-V, di pasar Indonesia karena tipikal konsumen yang berbeda.

Seperti diketahui, Wuling akan meluncurkan SUV di Indonesia pada 2019. Medium SUV yang di China bernama Baojun 530 itu sudah dipamerkan sebagai mobil eksebisi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus lalu.

Baojun 530 nantinya meluncur dengan nama berbeda dan harga ‘mengejutkan’. Inden tak resmi sudah bisa dilakukan di dealer. Dua hal yang sudah dikonfirmasi oleh Wuling adalah spesifikasi mesin bensin 1.5-liter turbo dan desain yang diklaim elegan.

Meski mesinnya kelak sama dengan Honda CR-V, pabrikan asal Jepang ini tak menganggapnya sebagai bahaya laten. Pasalnya, Honda melihat profil konsumen dua merek dan dua model tersebut berbeda.

“Konsumen-konsumen kami berbeda. Para konsumen kami tidak ada yang menanyakan soal Wuling atau membandingkankan model kami dengan Wuling. Terlalu jauh beda konsumen,” aku Jonfis di Jakarta, sebelum terbang ke Bali untuk acara media test drive All-New Honda Brio pada 17-19 Oktober 2018.

Menurut Jonfis, konsumen Honda adalah mereka yang loyal terhadap merek dan bukan pembeli mobil pemula. Sementara, Wuling banyak menyasar pembeli mobil pertama.

“Kalau bicara mengenai para pembeli mobil pertama, ada kemungkinan (beralih ke Wuling). Tapi kalau mereka yang sudah punya mobil dan punya uang Rp 300 juta dan ingin menambah mobil lagi, sepertinya enggak. Mungkin ada saja seperti itu, tapi sedikit. Rp 300 – 400 juta itu bukan uang kecil,” paparnya.

Konsumen-konsumen Honda juga diyakini akan memperhatikan harga jual kembali kendaraan. Ia percaya, dengan harga jual kembali kendaraan Honda yang lebih bagu ketimbang Wuling, mereka bakal lebih mudah ketika ingin melakukan tukar-tambah kendaraan saat ‘naik kelas’.

Baojun 530 sendiri bakal menjadi SUV perdana Wuling di pasar Tanah Air. Sebelumnya, sejak awal meluncurkan model di Agustus 2017, pabrikan yang di China merupakan badan usaha milik daerah ini selalu mengaspalkan multi purpose vehicle (MPV) yaitu Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter.

Ketiganya dijual dengan strategi harga yang berselisih cukup jauh di bawah para kompetitor namun berfitur lebih banyak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar