Apple CarPlay di Indonesia Belum Bisa Nikmati Waze

Berita Otomotif

Apple CarPlay di Indonesia Belum Bisa Nikmati Waze

CALIFORNIA – Waze akhirnya bisa dinikmati di Apple CarPlay, sayangnya layanan tersebut belum bisa dinikmati di Indonesia.

Padahal Waze Indonesia terbilang cukup aktif dalam mengembangkan aplikasinya di Indonesia. Salah satunya adalah dengan penambahan fitur ganjil-genap serta menggunakan suara Dian Sastrowardoyo saat gelaran Asian Games 2018.

Sementara itu, Apple CarPlay juga sudah bisa dinikmati di beberapa kendaraan yang dijual di Indonesia. Sebut saja Hyundai Santa Fe yang sudah menjadikan Apple CarPlay sebagai fitur standard untuk pelanggannya.

Tak hanya itu, Apple CarPlay juga sudah bisa ditemukan di beberapa headunit terbaru yang dijual di Indonesia. Contohnya seperti Pioneer AVH Z1050DVD serta Kenwood DDX6703S yang umum ditemukan di berbagai toko audio mobil.

Saat ini, Waze di Apple CarPlay hanya bisa dinikmati di 36 negara yang bisa menikmati Waze langsung dari Apple CarPlay. Mereka adalah Australia, Austria, Belgia, Brazil, Kanada, Chile, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Hong Kong, India, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Korea Selatan, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris , Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

Waze memang telah menjadi salah satu aplikasi untuk menampilkan peta yang cukup digemari. Banyaknya pengguna tersebut pun ditangkap oleh Android untuk menyematkannya di Android Auto sebagai aplikasi standarad sejak July 2017.

Langkah ini pun akhirnya diikuti oleh Apple dengan bisa diinstallnya Waze ke Apple CarPlay. Waze do Apple CarPlay ini dapat digunakan untuk pengguna iOS 7.1. Seluruh fitur pada Waze seperti Route Overview, Home, Work, Favorites, Reporting dan Alerts bisa dinikmati di Apple CarPlay.

Waze pertama kali dikembangkan oleh FreeMap dari Israel. Aplikasi tersebut kemudian dibeli oleh Google senilai USD 966 juta atau setara Rp 14,387 triliun. Setelah pembelian tersebut kabarnya 100 orang pegawai yang terlibat dalam pengembangan Waze mendapat uang sebesar USD 1,2 juta atau setara Rp 17,872 juta. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual