Waspadai Kendaraan Hasil Pencucian Uang di Pasar Mobil Bekas

Berita Otomotif

Waspadai Kendaraan Hasil Pencucian Uang di Pasar Mobil Bekas

JAKARTA – Mobil88 mengingatnya bahaya dari mobil bermasalah hukum yang beredar khususnya menjelang dan setelah Pemilihan Umum 2019.

Peringatan tersebut tidaklah main-main karena pelanggan berpotensi mengalami kerugian bila ternyata mereka membeli kendaraan yang terkait dengan kasus pidana khususnya korupsi dan sebagainya. Kondisi tersebut bisa menjadikan mobil tersebut disita untuk kemudian dijadikan barang bukti.

Hal ini sesuai dengan pasal 39 ayat (1) Undang-undang nomor 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana yaitu yang dapat dikenakan penyitaan adalah:

a. benda atau tagihan tersangka atau terdakwa yang seluruh atau sebagian diduga diperoleh dari tindakan pidana atau sebagai hasil dari tindak pidana.
b. benda yang telah dipergunakan secara langsung untuk melakukan tindak pidana atau untuk mempersiapkannya.
c. benda yang dipergunakan untuk menghalang-halangi penyidikan tindak pidana.
d. benda yang khusus dibuat atau diperuntukkan melakukan tindak pidana.
e. benda lain yang mempunyai hubungan langsung dengan tindak pidana yang dilakukan.

Untuk menghindari itu semua, Mobil88, divisi penjualan mobil bekas Astra di bawah payung pun melakukan beberapa langkah pencegahan. Salah satunya adalah dengan melakukan pembelian secara langsung dari pengguna sehingga diharapkan mobil yang dijual memiliki kondisi terbaik.

“Kami memberikan garansi kendaraan yang dijual di dealer kami adalah kendaraan bebas masalah. Bila di kemudian hari ditemukan bahwa mobil yang dibeli pelanggan di Mobil88 merupakan kendaraan bermasalah, maka kami akan menggantinya dengan kendaraan baru,” ungkap Halomoan Fischer, Direktur Mobil88.

Hal senada juga disampaikan oleh Adji, Kepala Dealer Mobil88 Tebet yang berlokasi di Jl. Prof. DR. Soepomo No.37, Tebet Barat, Jakarta Selatan. Ia bahkan menegaskan bahwa pelanggan cukup melaporkan bila terjadi masalah di kemudian hari terkait hukum dan pihaknya akan langsung menangani.

“Tidak hanya di Mobil88 Tebet saja, tapi pelanggan bisa langsung melaporkan hal tersebut ke Mobil88. Ini memang bagian dari garansi yang kami berikan,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar