Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Waspada! Ini Ciri-ciri Motor yang Sering Jadi Incaran Pelaku Curanmor

Panduan Pembeli

Waspada! Ini Ciri-ciri Motor yang Sering Jadi Incaran Pelaku Curanmor

JAKARTA – Tidak semua motor menjadi incaran para pelaku pencurian motor (curanmor), tetapi ada ciri-ciri tertentunya.

Pencurian motor merupakan hal yang sangat tidak diinginkan bagi para pemiliki kendaraan roda dua.

Kebanyakan jenis motor yang paling rentan untuk dicuri adalah motor matic dengan kapasitas mesin yang kecil. Motor jenis ini memang sangat umum digunakan masyarakat dalam beraktivitas.

Beberapa model yang masuk dalam segmen tersebut seperti Honda Scoopy, Honda BeAT, Honda Vario, Yamaha Mio, Yamaha NMax, Yamaha Aerox, dan sejenisnya.

Motor matic sering dianggap sebagai motor yang sangat rentan untuk digondol maling.

Ciri-ciri Motor yang Rentan Dicuri

Lalu apa saja sih yang membuat motor-motor tersebut menarik untuk para pelaku curanmor? Berikut ini ciri-cirinya versi Mobil123.com.

Banyak Peminat

Tujuan pelaku melakukan curanmor bukan untuk dipakai secara pribadi, melainkan untuk dijual dan dijadikan uang, mau itu dengan dipereteli suku cadangnnya atau dijual secara utuh.

Maka dari itu, pelaku curanmor biasanya mengincar motor-motor yang laku di pasaran alias dicari banyak orang. Motor-motor yang banyak diminati masyarakat yaitu motor yang memiliki harga terjangkau.

Sebagai contohnya, harga Honda BeAT di situs web resmi Astra Honda Motor mulai dari Rp18 juta hingga Rp18,85 juta.

Dengan harga yang murah, wajar saja jika banyak yang mengincar motor ini sebagai target pencurian.

Harga Bekasnya Tinggi

Selain populer di pasar, harga jual kembali yang tinggi juga membuat potensi motor dicuri semakin besar.

Motif pelaku curanmor tentu saja adalah untuk menjual kembali motor yang dicuri. Jadi motor yang memiliki penyusutan harga bekas yang kecil akan lebih menguntungkan untuk pelaku.

Untuk model-model yang memiliki harga bekas tidak turun terlalu jauh, sebut saja Honda Scoopy, Honda Vario, Honda BeAT, Yamaha Aerox, Yamaha NMax.

Fitur Keamanan Lemah

Ciri-ciri motor yang rentan dicuri berikutnya yaitu lemah atau kurang lengkapnya fitur keamanan pada motor.

Kebanyakan motor, terutama motor matic saat ini sudah mengemban fitur keamanan Secure Key Shutter (SKS). Fitur ini menutup lubang kunci kontak agar tidak dapat dibobol pencuri.

Namun, cara ini tetap kurang ampuh karena masih banyak kasus curanmor yang terjadi dengan kondisi SKS tertutup. Pelaku memiliki cara untuk membuka tutup lubang kunci menggunakan alat magnet yang sederhana.

Tips Motor Tidak Mudah Dicuri

Agar motor Anda tetap aman dari potensi pencurian, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika meninggalkan motor yang sedang diparkir.

Selain mengunci setang dan menutup lubang kunci dengan SKS, ada baiknya untuk memasang pengaman tambahan atau memodifikasi motor dengan fitur keamanan.

Jika motor Anda menggunakan rem cakram, gembok kunci pada lubang cakram dapat membantu mencegah motor dibawa kabur oleh maling.

Fitur lain yang bisa ditambahkan adalah alarm. Alarm motor merupakan fitur keamanan yang cukup efektif mencegah pencurian, karena akan menimbulkan suara yang keras ketika motor disentuh mau itu dengan sengaja atau tidak, dan akan menarik perhatian orang-orang sekitar.

Satu lagi fitur yang sangat bermanfaat dalam keamanan motor adalah Keyless Ignition System. Fitur ini sudah menjadi fitur wajib dalam setiap motor baru.

Fungsi dari fitu ini adalah mencegah motor menyala apabila remote kunci motor tidak di dalam radius 1 meter dari motor, sehingga menyulitkan pencuri untuk mengambil motor.

Di luar fitur-fitur keamanan motor, cara sederhana untuk menjaga keamanan motor adalah dengan memarkirnya di tempat yang terjamin amam.

Tempat yang aman di sini maksudnya adalah tempat parkir dengan penjagaan dan pengawasan yang baik. Usahakan untuk tidak memarkir di tempat yang sepi, kurang pengawasan, atau di tempat yang gelap.

Pencuri akan mengurungkan niatnya jika target motor yang ingin dicuri berada dalam pengawasan yang ketat. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang