Warna Putih Dominasi Produksi Kendaraan Toyota

Panduan Pembeli

Warna Putih Dominasi Produksi Kendaraan Toyota

KARAWANG – Dalam memproduksi kendaraannya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyesuaikan kebutuhan pasar, salah satunya adalah pertimbangan warna body.

Setiap kendaraan yang diproduksi telah disesuaikan dengan kebutuhan sehingga pabrik tidak memiliki stock mati. Tak hanya tipe, warna juga merupakan salah satu komponen yang sangat diperhatikan TMMIN.

Saat ini, putih menjadi warna yang paling banyak dipesan oleh pelanggan Toyota. Tercatat, 40 persen kendaraan yang diproduksi oleh TMMIN adalah warna putih. Warna hitam menjadi warna kedua terbanyak dan disusul warna silver.

“Produksi kendaraan berwarna putih itu sebesar 40 persen dari total produksi kendaraan kami. Kemudian disusul warna hitam sekitar 30 persen kemudian warna silver. Sisanya baru warna-warna lain seperti orange dan coklat,” ungkap Nandi Julyanto, Director Production Engineering & Karawang Plant.

Warna-warna tersebut adalah warna ‘abadi’ yang selalu diproduksi pabrik. Meski demikian, warna-warna terang mulai banyak diproduksi di pabrik.

“Toyota Karawang Plant 2 itu memproduksi mobil-mobil kecil. Mobil kecil yang di cat hitam kesannya akan semakin mungil. Karena itulah mulai banyak mobil dengan warna cerah yang kami produksi. Namun jumlah mobil berwarna putih tetap lebih besar. Biasanya warna-warna cerah hanya besar peminatnya saat awal-awal peluncuran mobil saja,” tambahnya.

Ia pun menambahkan bahwa warna putih, hitam dan silver tetap akan menjadi primadona hingga tahun depan.

“Sepertinya tetap akan ketiga warna itu yang mendominasi produksi. Ini karena masyarakat masih terlalu memikirkan jual kembalinya. Banyak dealer mobil bekas yang enggan membeli kendaraan dengan warna cerah karena sulit untuk menjual kembali,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support