Wapres Jusuf Kalla Buka IIMS 2017

Berita Otomotif

Wapres Jusuf Kalla Buka IIMS 2017

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, hari ini Kamis, 27 April. Ini ketiga kalinya JK berturut-turut membuka IIMS sejak 2015.

IIMS 2017 dibuka mulai 27 April - 7 Mei 2017 dengan tema utama "The Essence of Motor Show" dan didukung tema pendukung yaitu Carnival. Pameran otomotif IIMS 2017 diharapkan bisa menggairahkan penjualan kendaraan Indonesia.

Dalam kata sambutannya, JK mengatakan, Indonesia harus menjadi barometer industri otomotif dunia ke depannya sehingga bisa meningkatkan iklim investasi sektor otomotif di dalam negeri.

Dengan itu, Ia berharap Indonesia bukan sekedar urusan menjual mobil, melainkan juga menjadi negara pengekspor otomotif tidak hanya roda empat atau kendaraan penumpang. JK juga konsentrasi terhadap aktivitas riset otomotif di Indonesia.

Dalam hal ini, menurut JK bahwa Indonesia harus menjadi pusat riset dan pengembangan otomotif di dunia. Kondisi ini mengaca pada masih besarnya potensi Indonesia untuk urusan sektor otomotif.

"Indonesia (diharapkan) tidak hanya menjadi pasar (menjual kendaraan), tidak hanya produksi tapi juga menjadi pusar riset otomotif. Tidak hanya menjadi pasar tapi juga menjadi negara pengekspor otomotif," kata JK.

Tahun lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil mencapai 1,06 juta atau naik 4,5 persen dibanding 2015. Ini artinya mengakhiri masa suram dua tahun berturut-turut pada 2014 dan 2015.

Sementara berdasarkan data Asean Automotive Federation (AAF) tercatat penjualan mobil penumpang Indonesia pada tahun lalu sebesar 861.329 unit, sementara kendaraan komersial sebesar 200.406 unit. Hal ini membuat penjualan kendaraan di Indonesia tercatat pertama di ASEAN yang mencapai 3.164.742 unit pada 2016.

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand yang tahun lalu hanya berhasil menjual kendaraan (penumpang dan komersial) sebesar 768.788 unit. [[Ikh/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support