Waspadai Kepadatan Brebes Barat, Pemerintah Siapkan Beragam Persiapan

Berita Otomotif

Waspadai Kepadatan Brebes Barat, Pemerintah Siapkan Beragam Persiapan

BREBES – Titik kemacetan mudik tahun 2019 di tol Trans Jawa diperkirakan akan terjadi di Gerbang Tol Brebes Barat KM 263.

Kepadatan ini terjadi dikarenakan GT Brebes Barat KM 263 merupakan titik akhir pemberlakuan sistem one way pada arus mudik. Dari Brebes Barat hingga ke arah timur akan diberlakukan dua lajur seperti biasa.

“Jadi nanti Brebes Barat menjadi titik terakhir penerapan satu arah (one way) menjadi dua arah sampai ke arah Semarang. Ini menjadi titik pertemuan antara kendaraan dari arah Jakarta dan dari arah timur. Kami bersama Kepolisian dan Jasa Marga telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kepadatan,” jelas Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Salah satu peraturan yang diterapkan agar tidak terjadi kepadatan pada titik Brebes Barat adalah dengan mengatur jalur khusus untuk kendaraan besar dan kecil mulai dari ruas tol Cikarang Utama. Untuk kendaraan besar, pengendara harus melalui jalur A (arah ke Timur Jawa). Sedangkan untuk pengendara dengan kendaraan kecil dapat melalui kedua jalur baik jalur A dan jalur B (arah ke Jakarta).

Selain itu, diperkirakan jumlah pemudik di Brebes Barat pun sudah berkurang volumenya karena sudah keluar di gerbang tol sebelum Brebes Barat. Dengan demikian kemacetan pun diharapkan tidak terjadi.

"Perkiraan jumlah kendaraan sebanyak 150.000 di Cikarut, di Cikampek sudah 75.000 atau 80.000 kendaraan paling banyak. Kemudian Palimanan Kanci lebih banyak lagi yang keluar terutama di Ciperna. Kemudian lanjut Palimanan Kanci, Kanci Pejagan, berakhir di Brebes Barat. Disini akan tetap diatur sedemikian rupa sehingga tidak padat," ungkap Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga.

Sistem one way rencananya akan dilangsungkan dari Cikarang hingga Brebes Barat pada tanggal 30 Mei - 2 Juni 2019. Penerapan sistem ini akan situasional dan tidak berlaku selama 24 jam. Diharapkan pengguna tol Trans Jawa memperkirakan lamanya perjalanan mudik hingga ke tujuan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support