Ini Waktu yang Tepat Beli Mobil Bekas

Berita Otomotif

Ini Waktu yang Tepat Beli Mobil Bekas

TANGERANG – Trik membeli mobil bekas bukan hanya pada aspek teknis, tapi juga waktu yang tepat untuk membelinya.

Persoalan teknis seperti cara menghindari membeli mobil bekas yang pernah menjadi 'korban' banjir atau tabrakan sudah banyak dibahas atau diketahui publik. Tips memilih dealer mobil bekas yang tepercaya pun bertebaran.

Tapi, bagaimana soal saat yang tepat membeli mobil bekas? Ini penting karena harga mobil bekas diakui lebih ‘cair’ dibandingkan mobil baru. Fluktuasi banderol bisa terjadi tergantung permintaan pasar.

<relted> Willian Yahya, Kepala Cabang Hyundai AutoSafe Cibubur, mencontohkan bahwa inflasi harga lumrah terjadi setiap menjelang Lebaran Idul Fitri sehingga konsumen yang membeli di momen ini akan mendapat harga lebih tinggi. Pasalnya, permintaan terhadap mobil seken pun meninggi pada saat itu seperti juga pada pasar mobil baru.

Namun, ada pula pedagang atau dealer yang 'anti mainstream' karena tidak memiliki kebijakan menaikkan harga menjelang Lebaran, seperti diklaim Hyundai AutoSafe. Bisa juga, pedagang mobil bekas tak mengerek harga mendekati Lebaran karena kondisi-kondisi tertentu yang mempengaruhi permintaan pasar.

“Kalau menjelang Lebaran bersamaan dengan anak masuk sekolah, terasa juga. Daya belinya pasti turun karena orang-orang konsentrasinya terpecah ke biaya sekolah juga,” ujar dia saat diwawancarai di sela-sela pameran mobil bekas pertama di Indonesia yaitu Hot Deals Carnival 2018, belum lama ini di Gading Serpong, Tangerang.

Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88, saat diwawancarai Mobil123.com dalam kesempatan berbeda pernah mengatakan bulan-bulan pascaLebaran merupakan saat tepat memboyong mobil seken. Permintaan ketika itu menurun dan depresiasi harga bisa terjadi sekitar 5 - 7 persen.

Lebih lanjut, satu contoh lain momen depresiasi harga mobil bekas menurut Willian adalah akhir tahun karena pedagang kerap memberi diskon lebih. Ini karena saat tahun berganti banderol mobil bekas mereka akan cukup jatuh sehingga lebih baik menghabiskannya sebelum itu terjadi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar