Waktu Tempuh Perjalanan di Indonesia Kalah Dibandingkan Malaysia

Berita Otomotif

Waktu Tempuh Perjalanan di Indonesia Kalah Dibandingkan Malaysia

JAKARTA – Buruknya kondisi jalan di Indonesia memiliki banyak dampak negatif. Salah satunya adalah meningkatnya waktu tempuh perjalanan atau time travel.

Jika dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, maka time travel di Indonesia terbilang jauh lebih lama. Hal ini disampaikan oleh Hedy Rahadian, Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jendral Bina Marga siang hari tadi.

“Untuk jarak 100 km di Indonesia itu membutuhkan waktu sekitar 2,7 jam sementara di Malaysia hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Salah satu penyebabnya adalah kondisi jalan di sana yang memang lebih baik dibandingkan disini,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa buruknya kondisi jalanan di Indonesia disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah banyaknya kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas hingga buruknya kualitas pengerjaan jalan.

“Yang namanya budaya mutu itukan kita masih belajar ya sebagai bangsa. Kita punya sistem management mutu namun orang kita belum peduli dengan hal tersebut sehingga tidak dijalanan dengan baik,” tambahnya.

Akibat kurangnya kualitas tersebut membuat jalanan di Indonesia menjadi sering rusak dan harus segera diperbaiki. Dengan jalanan yang lebih baik maka diharapkan travel time di Indonesia bisa menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

“Selain itu juga dibangun beberapa jalan tol yang diharapkan bisa mempercepat waktu tempuh masyarakat. Kalau jalan biasakan ada pasar, ada pedagang kaki lima tapi kalau jalan tol itu tidak ada jadi bisa lebih cepat tiba di tujuan,” pungkas Hedy.

Berdasarkan data dari 2016 Inrix Global Scorecard dan RegTransfers rata-rata orang Jakarta menghabiskan waktu selama 55 jam setiap tahunnya untuk menghadapi kemacetan. Hasil ini membuat Jakarta berada di posisi ke-19 sebagai kota dengan lalu lintas terpadat di dunia. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual