Pemilik Mobil Diesel Wajib Tahu, Ini Perbedaan Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex

Berita Otomotif

Pemilik Mobil Diesel Wajib Tahu, Ini Perbedaan Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex

 

JAKARTA – Pertamina memiliki tiga jenis bahan bakar yang dibuat khusus bagi mobil bermesin diesel. Ketiganya adalah Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Keberadaan mobil diesel saat ini mulai banyak dilirik pecinta otomotif. Salah satu alasannya karena mobil diesel mampu memberikan tarikan tenaga yang kuat dan cukup nyaman dikendarai.

Demi menjaga performa mobil diesel tetap prima, pemilik kendaraan tidak boleh sembarang dalam memilih bahan bakar dan harus sesuai dengan kondisi mesin yang ada.

SPBU Pertamina

Ada berbagai macam cara yang tepat untuk memilih bahan bakar khusus mesin diesel. Pertama, Anda harus tahu bahwa setiap mesin kendaraan memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bahan bakar diesel.

Kandungan nilai oktannya pun berbeda-beda, rasio kompresi itu sendiri merupakan nilai yang bersifat tetap dan mewakili rasio volume pada ruang pembakaran dari kapasitas terbesar hingga terkecil.

Cara lain untuk mengetahui bahan bakar diesel yang pas untuk kendaraan Anda adalah dengan memperhatikan Cetane Number (CN) atau angka setana.

CN berfungsi untuk menunjukkan ignition quality atau kualitas pembakaran dalam ruang bakar kendaraan Anda.

Tentu saja, semakin tinggi CN-nya, maka akan semakin bagus pula bahan bakar diesel tersebut sehingga membuat pembakarannya menjadi lebih sempurna serta efisien.

Pertamina dalam hal ini punya bahan bakar jenis Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex untuk mobil bermesin diesel, ketiganya memiliki perbedaan yang mendasar. 

Lantas apa saja perbedaan antara Solar, Dexlite dan Pertamina Dex? Berikut penjelasan singkat dari Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Irto mengatakan, perbedaan utama antara Solar, Dexlite dan Perta Dex adalah dari kadar CN atau seperti angka RON pada jenis bensin (Pertamax, Pertalite).

“Solar memiliki CN 48, Dexlite CN 51, sedangkan Perta Dex CN 53. Untuk Dexlite dan Pertamina Dex, dilengkapi dengan zat aditif untuk melindungi mesin kendaraan,” ucap Irto melalui pesan singkat kepada mobil123.com, Senin (10/1/2022).

Irto menambahkan, dari segi emisi. Pertamina Dex adalah bahan bakar diesel paling ramah lingkungan dengan kandungan sulfur maksimal 300 ppm.

“Nah sementara Dexlite, maksimal di angka 1.200 ppm, dan Solar maksimal di 2.000 ppm,” ujarnya.

Selain kandungan CN, Anda pun harus memerhatikan kandungan sulfur juga dalam memilih bahan bakar mesin diesel. Karena, jika kandungan sulfur terlalu tinggi, nantinya mampu mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna dan justru akan berdampak buruk pada kondisi mesin kendaraan Anda. [Tih/Ses]



Ratih Paramitha

Ratih Paramitha

Mulai meniti karir menjadi Jurnalis sejak 2013 di Sinar Harapan kemudian di Jawa Pos Koran (2015-2021). Ber-elemen air, nggak bisa nolak kalau diajak ke pantai. Meski otomotif selalu identik dengan laki-laki, tetapi bukan berarti perempuan tak perlu mempelajarinya.


Berita Utama


Komentar