Waduh, Toyota Putuskan ‘Suntik Mati’ Yaris karena Alasan Ini

Berita Otomotif

Waduh, Toyota Putuskan ‘Suntik Mati’ Yaris karena Alasan Ini

NEW DELHI – Toyota Yaris sedan—dikenal juga sebagai Toyota Vios di sebagian negara Asia lain—tidak lagi dijual di India karena volume penjualan yang sedikit.

Yaris memang dijual di 'Negeri Hindustan' sebagai sebuah sedan. Toyota India, seperti dilaporkan oleh Carscoops, mengatakan model ini resmi ‘disuntik mati’ mulai akhir September tahun ini.

“Toyota Kirloskar Motor mengumumkan pemberhentian penjualan Yaris (sedan) di India, efektif per 27 September 2021,” tegas mereka.

Menurut mereka, kebijakan ini diambil sebagai bagian dari strategi produk untuk menyediakan kendaraan bagi konsumen di sana sesuai dengan kebutuhan yang terus berevolusi dari sisi produk maupun teknologi.

Pabrikan mobil asal Jepang ini menjamin ketersediakan suku cadang Yaris sedan setidaknya hingga 10 tahun ke depan.

Toyota Yaris sedan atau Toyota Vios

Yaris sedan, yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Vios, pertama kali meluncur di India pada 2018.

Dapur pacunya mengandalkan mesin bensin 1.5 liter yang menyalurkan tenaga ke dua roda dua (front wheel drive/FWD) lewat transmisi manual lima percepatan atau otomatis CVT.

Model untuk pasar India menawarkan cukup banyak fitur hiburan dan keselamatan jika dibandingkan dengan model-model lain di segmennya.

Kendati begitu, dalam jangka waku sekitar tiga tahun, Toyota hanya berhasil menjual 19.784 unit Yaris sedan di sana, baik untuk konsumen retail (perorangan) maupun fleet (armada perusahaan). Volume tersebut lebih sedikit daripada para kompetitor seperti Honda City, Hyundai Verna, serta Maruti Suzuki Ciaz.

Selain akibat kalah saing dari model-model satu segmen, penyebab kurang diliriknya Yaris sedan juga karena para konsumen sekarang lebih tergoda oleh model-model sport utility vehicle (SUV).

Kemungkinan besar, menurut laporan Autocar India, Toyota akan mengganti Yaris sedan dengan versi ganti logo (rebadged) dari Ciaz. Belum jelas, apa nama sedan hasil kolaborasi Toyota-Maruti Suzuki tersebut nantinya.

sedan Suzuki Ciaz

Toyota-Suzuki memang cukup ‘mesra’ untuk urusan kolaborasi produk. Di India, ada hatchback Toyota Glanza yang merupakan versi ganti logo dari Maruti Suzuki Baleno.

Ada pula SUV Toyota Urban Cruiser yang menjadi versi ganti logo Maruti Suzuki Vitara Brezza.

Di Eropa, Suzuki juga menjual versi ganti logo dari model-model Toyota. Ada, misalnya, Suzuki Swace dan Suzuki Across yang merupakan karakter lain dari Toyota Corolla Sport Tourer maupun Toyota RAV4. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar