VW Ramaikan Segmen SUV Murah Rp200 Jutaan Sekelas Raize

Berita Otomotif

VW Ramaikan Segmen SUV Murah Rp200 Jutaan Sekelas Raize

NEW DELHI – Volkswagen (VW) punya model baru yang jika masuk Indonesia bakal bersaing dengan Toyota Raize. Namanya adalah Taigun.

Merek-merek Eropa makin tertarik terjun ke segmen mobil murah di negara-negara berkembang potensial. Terbaru, ada VW Taigun, sport utility vehicle (SUV) murah lima penumpang yang meluncur di India belum lama ini.

Tipe termurah Taigun, seperti dikutip dari Rushlane, dijual seharga 10,49 lakh saja atau setara Rp202,37 juta (1 rupee = Rp192,76). Adapun tipe tertingginya berbanderol 17,49 lakh atau setara Rp337,31 juta.

Taigun dibangun di atas platform MQB A0 IN. Model yang pertama kali dipamerkan dalam Auto Expo 2020 di Greater Noida, India tersebut mengadopsi bahasa desain terbaru VW.

VW Taigun, SUV Murah Sekelas Toyota Raize

Di bagian eksteriornya sudah dibekali gril depan yang khas dengan aksen kromium, lampu depan yang mengalir halus, lampu kabut LED, maupun bemper depan berotot yang juga beraksen kromium.

Lampu belakangnya sudah LED dan terkoneksi dengan Infinity LED Bar.

Fitur-fitur di interiornya tergolong mewah. Terdapat Electric Sunroof, 10 Inch Head Unit Touchscreen, Digital Instrumen Cluster, Wireless Mobil Charging, Keyless Entry, Start/Stop Engine Button, Enam Pengeras Suara, Ventilated Front Seats, dan Multi Function Steering Wheel.

Urusan keamanan dan keselamatan, Taigun dilengkapi dengan enam Airbag, Park Distance Control and Rear View Camera, Parking Sensors, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, dan Sistem Pengereman ABS+EBD.

Dapur pacunya menyandang dua opsi mesin. Pertama adalah mesin bensin TSI 1.0-liter berdaya 115 hp serta torsi 178 Nm dengan transmisi manual atau otomatis enam percepatan.

Opsi kedua ialah mesin bensin 1.5-liter TSI bertenaga 150 hp dan torsi 250 Nm dengan transmisi manual enam percepatan atau DSG tujuh percepatan.

Pabrik di India ditargetkan memproduksi 180 ribu unit Taigun per tahun.

VW Taigun, SUV Murah Sekelas Toyota Raize

SUV murah lima penumpang sendiri saat ini juga sudah menjadi tren di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir, muncul lima model di segmen tersebut, yakni Kia Seltos 5-seater, Nissan Magnite, Raize, Daihatsu Rocky, dan terakhir Renault Kiger.

Seltos, Magnite, Kiger sama-sama diimpor utuh dari India. Hanya Raize-Rocky yang dirakit lokal.

Menarik menantikan model apa lagi yang akan meramaikan persaingan SUV murah lima penumpang di Indonesia. Apalagi, salah satu pabrikan mobil terbesar di pasar Indonesia yakni Honda sudah membuka kemungkinan untuk ikut bermain di dalamnya.

Apakah VW Taigun berani? [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar