Volvo Ujicoba Bus Gandeng Bertenaga Listrik

Berita Otomotif

Volvo Ujicoba Bus Gandeng Bertenaga Listrik

GOTHENBURG – Volvo resmi melakukan pengujian bus gandeng listrik di Gothenburg, Swedia.

Bus gandeng tersebut rencananya akan mulai beroparasi pada bulan Juni 2018. Dengan panjang mencapai 18,7 meter, maka bus gandeng tersebut mampu menampung sebanyak 135 penumpang sekaligus, jauh lebih banyak ketimbang bus listrik 7900 yang hanya memiliki panjang 12 meter.

Saat ini, Volvo hanya memiliki dua bus gandeng prototype, namun produksi massal untuk bus tersebut dipastikan akan segera dilakukan. Menariknya lagi, guna meningkatkan kapasitas penumpang, Volvo tidak akan menggunakan baterai berukuran besar, namun lebih memilih menggunakan OppCharge fast charging system (hingga 450 kW) pada setiap pemberhentian bus.

Bus ini akan memiliki 38 tempat duduk, empat pintu ganda, permukaan lantai dibuat sedemikian rupa agar terasa luas, pegangan pintu ergonomis hingga sandaran untuk penumpang yang berdiri. Tak hanya itu, dibeberapa sudut akan diberikan tempat untuk pengisian ponsel dan wifi gratis untuk penumpang.

Rencananya, dua prototype akan melakukan pengujian di rute 16 dan melakukan perjalanan normal dengan membawa sejumlah penumpang. Ujicoba di rute tersebut dipilih karena sebelumnya bus listrik Volvo lainnya juga melakukan pengujian di tempat tersebut.

“Rute 16 adalah salah satu jalur yang padat di Gothenburg. Dengan ini maka kami memiliki kesempatan untuk benar-benar menguji teknologi. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan pengisian di pemberhentian bus. Dengan demikian maka bus bisa terus beroperasi tanpa harus ke stasiun pengisian daya. Bus juga tenang dan bebas emisi sehingga lebih nyaman,” ungkap Håkan Agnevall, President Volvo Buses. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar