Volvo Mulai Produksi Truk Listrik dan akan Dijual 2019

Berita Otomotif

Volvo Mulai Produksi Truk Listrik dan akan Dijual 2019

GOTHENBERG – Volvo memperkenalkan truk listrik perdana mereka, FL Electric, yang rencananya bakal dirakit dan dijual mulai tahun depan.

FL Electric, seperti dipaparkan Volvo Trucks melalui keterangan resmi beberapa waktu lalu, merupakan yang pertama dari seri truk listrik pabrikan asal Swedia ini di masa depan. Produksi dan penjualan pada 2019 akan dilakukan di Eropa.

“Kami dengan bangga mempresentasikan model pertama dari seri truk listrik Volvo yang siap dipergunakan di jalan umum. Model ini membuat kota yang memikirkan pengembangan ramah lingkungan berkelanjutan dapat mengambil keuntungan dari sebuah truk listrik murni,” ujar Presiden Volvo Trucks Claes Nilsson.

FL Electric dapat dipergunakan antara lain untuk kebutuhan logistik perkotaan atau truk sampah. Truk tanpa emisi gas buang tersebut dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman serta pengetahuan Volvo Buses yang telah menjual 4.000 bus listrik sejak 2010.

FL Electric sendiri memiliki gross vehicle weight (GVW) 16 ton. Sistem penggeraknya mengandalkan suplai tenaga dari dua hingga enam baterai lithium ion berdaya total 100-300 kWh.

Jika menggunakan sistem fast charging DC, baterai dapat diisi hingga penuh hanya dalam 2 jam. Sementara itu, jika menggunakan sistem pengisian daya AC, butuh 10 jam agar baterai terisi 100 persen.

Energi dari baterai disalurkan oleh transmisi dua percepatan kepada motor listrik yang mampu menggelontorkan daya 175 hp dengan tenaga maksimal 248 hp. Adapun torsi puncaknya mencapai 425 Nm. Jarak tempuh FL Electric sendiri diklaim mencapai 300 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Truk listrik Volvo ini di masa depan akan bersaing dengan beberapa pabrikan yang telah melakukan hal yang sama. Sebut saja Mitsubishi Fuso yang mengintroduksi eCanter juga 'saudara' mereka Daimler yang memperkenalkan E-Fuso Vision One pada Tokyo Motor Show 2017. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual