Volvo Luncurkan Truk Baru yang Siap Tenggak Solar B30

Berita Otomotif

Volvo Luncurkan Truk Baru yang Siap Tenggak Solar B30

JAKARTA - PT Volvo Truks Indonesia luncurkan truk terbaru mereka FM 440 6x2T, sudah dilengkapi beberapa fitur unggulan dan diklaim tak masalah gunakan solar B30.

Volvo Indonesia sepertinya cukup jeli melihat perkembangan bisnis kendaraan angkut di Indonesia plus berusaha untuk denga cepat beradaptasi dengan regulasi pemerintah. Hal ini langsung dibuktikan melalui FM 440 6x2T.

Tracktor head yang membidik pebisnis logistik ini disebut memiliki beragam  fitur, diklaim dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi baik aktif maupun pasif. Mulai dari air suspension for highest on-road payload, lifeable tag axle, advanced safety features, ADR compliant, sleeper cab with air deflector serta sudah sesuai dengan aturan pemerintah mengenai truk ODOL (Over Dimension Over Load).

FM 440 6X2T sendiri didukung oleh mesin berkode D13A440 dengan standar EURO III. Memiliki 6 silinder segaris intercooler berkapasitas 12.8-liter ini memiliki keluaran tenaga 440 hp pada rentang putaran 1.400 - 1.800 rpm dan torsi 2200 Nm yang tersedia di 1.050 - 1.400 rpm. 

Untuk mengimbangi performa, FM 440 6X2T telah dilengkapi dengan sistem pengereman Electronic Brake System (EBS). Fitur ini bisa merespon keadaaan dengan cepat melalui kontrol elektronik. Hal ini tentunya membuat pengemudi dapat mengendalikan truk dengan baik dalam kondisi tertentu.

"Volvo Truks telah melengkapi semua truk yang dibuat dengan teknologi I-Save untuk membantu mengurangi biaya bahan bakar dan membuat truk ramah lingkungan. Dan dengan dibukanya jalur trans jawa dan Sumatera, tentunya truk ini dapat diandalkan dalam beragam kebutuhan," jelas Jurn Terpstra, Managing Director of PT Volvo Trucks Indonesia.

Satu hal yang tak kalah menariknya adalah FM 440 6X2T telah siap beradaptasi dengan B30. Dan diklaim akan terus siap untuk mengakomodir regulasi pemerintah akan spesifikasi bahan bakar solar.

"Sekarang pemerintah sedang menggalakkan penggunaan B20. Kita ini sudah ready sampai dengan B30, kita sudah selangkah lebih maju. B30 kita sudah siap. Kalau ditantang B100, kita ready," jelas Bambang Prijono, Presiden Direktur PT Indotruck Utama. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar